Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Lantamal XII Pontianak ikut membantu evakuasi dan penyelamatan terhadap Kapal Motor (KM) Sinar Kakap yang tenggelam di perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.

Kapal KM Sinar Kakap merupakan kapal penangkap ikan dengan rute berlayar dari Pelabuhan Tanjung Satai Kabupaten Kayong Utara tujuan Pelabuhan Rasau Jaya Pontianak, dengan nomer regristasi No.400 HHE dan Gross Tonage (GT) kapal 21.

Pemilik kapal Tong Seng untuk Nahkoda Embut Kamil beserta 7 (Tujuh) orang Anak Buah Kapal (ABK). Dalam perjalanan di perairan Tanjung Kedah Muara Kubu, kapal diterpa ombak setinggi 2 meter disertai hujan lebat dan mengakibatkan air laut masuk kapal.

Nahkoda kapal bersama dengan 7 (tujuh) orang ABK berusaha untuk menguras air yang masuk dalam kapal tapi tidak mengatasi, akhinya kapal tenggelam.

Ditegaskan oleh Kadispen Lantamal XII Mayor Laut (E) Irawan T.B saat memperoleh keterangan dari Anggota Posal Muara Kubu Kopda Ttg Marinus bahwa pada Jumat (12/1) pukul 00.30 Wib telah menerima informasi dari masyarakat sekitar bahwa KM Sinar Kakap mengalami kandas di perairan Muara Kubu.

Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu yang beranggotakan satu orang dibawah pimpinan Komandan Posmat Pelda Mes Satuhir langsung bergerak dengan cepat menuju lokasi kejadian tenggelamnya KM Sinar Kakap guna membantu proses pencarian dan evakuasi yang dibantu oleh Pol Air Muara Kubu dan masyarakat.

Posmat Muara Kubu menggunakan alusista Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19.

Setelah tiba di perairan Muara Kubu dilakukan penyisiran selama 30 menit untuk mencari KM Sinar Kakap dimana situasi gelap gulita dan hujan lebat.

Dan didapatkan tanda lampu kecil dari KM Sinar Kakap kemudian Tim Evakuasi langsung mendekati lokasi tersebut dan didapatkan Nahkoda dan ABK berada di atas anjungan dikarenakan badan kapal sudah sebagian tenggelam.

Nahkoda dan ABK langsung dipindahkan ke Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19 hingga pukul 02.00 Wib dibawa ke Posmat Muara Kubu. Setibanya di Posmat Muara Kubu langsung dilaksanakan pengecekan kondisi Nahkoda dan para ABK, dan salah satu ABK mengalami kram karena diakibatkan kedinginan.

Anggota Posmat Muara Kubu langsung dengan cekatan memberikan pertolongan pertama, setelah itu Nahkoda dan para ABK istirahat di Posmat Muara Kubu.

Pada pagi harinya pukul 06.00 Wib Danposmat melaksanakan penarikan KM. Sinar Kakap menggunakan kapal angkutan menuju Posal Muara Kubu. Pukul 13.00 Wib KM. Sinar Kakap sudah selesai dikuras dan kapal sudah bisa mengapung, kemudian pengecekan kelengkapan kapal mulai dari kelengkapan surat sampai kondisi kapal.

Untuk surat sudah tidak ada dan kondisi mesin rusak. Nahkoda beserta ABK diamankan ke Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu. Pukul 14.30 Wib KM. Selamat Pagi yang berjenis kapal tambang menggandeng KM. Sinar Kakap berlayar menuju Rasau untuk di perbaiki di pelabuhan Rasau Jaya.

Lebih lanjut, dalam melakukan aksi tanggap darurat, Posmat Muara Kubu juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping dan Tim Search And Rescue (SAR). Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.


Pewarta: Dispenal Lantamal Pontianak

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018