Sungai Raya (Antaranews Kalbar) - Pelaksana Tugas Sekda Kubu Raya, Kalimantan Barat, Odang Prasetyo mengimbau seluruh pemerintah desa dan kecamatan yang ada di kabupaten tersebut untuk terus memaksimalkan potensi daerah dalam pembangunan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Untuk proses pembangunan, infrastruktur memang harus terus dilakukan. Namun karena pembangunan infrastruktur sudah hampir selesai, sehingga mulai tahun 2018 fokus pembangunan Kubu Raya sudah bergerak pada pembangunan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Odang di Sungai Raya ibu kota Kabupaten Kubu Raya, Jumat.

Menurutnya, untuk Kecamatan Batu Ampar, pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan skala lokal potensi Desa masing-masing. Daerah pesisir akan dirancang sedemikian rupa konsep pembangunan yang tepat yang sesuai dengan potensi desa yang dimiliki.

"Di Batu Ampar ini, mayoritas desa adalah daerah pesisir, dengan demikian kita akan lakukan dan susun rancangan pembangunan sektor perekonomian yang sesuai dengan potensi pesisir yang dimiliki. Sektor perekonomian di bidang perikanan dan kelautan akan menjadi bagian dari pengembangan pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir," kata Odang.

Odang menjelaskan, di samping potensi perikanan dan kelautan di Batu Ampar juga memiliki potensi perkebunan dan pertanian. Khususnya petani kebun kelapa dan petani padi dan hortikultura.

Baca juga: DKP Kubu Raya Bina 16 Desa Pesisir

"Disini juga kita memiliki potensi perkebunan dan pertanian. Nanti kita akan lakukan pemetaan potensi perkebunan khususnya kelapa dan pertanian padi dan sayuran serta hortikultura yang dapat dikembangkan," tuturnya.

Dia juga menjelaskan bahwa Batu Ampar memiliki potensi wisata bahari dengan potensi mangrove yang sangat baik di Dunia yang berada di perairan Batu Ampar. Yang akan digali potensinya secara bersama-sama melalui instansi terkait.

Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Batu Ampar tahun 2019 memfokuskan program pembangunan pusat dan pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan dan kelautan sesuai potensi wilayah yang di dukung pembangunan infrastruktur penunjang menuju kabupaten Kubu Raya yang maju harmonis dan berbudaya serta berdaya saing.

"Sebagaimana diketahui bahwa Batu Ampar memiliki potensi perairan dan kelautan yang berlimpah untuk membangun sektor perekonomian masyarakat yang produktif. Untuk itu, dibutuhkan konsep yang matang dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah pesisir tersebut," katanya.

Odang menuturkan bahwa saat ini, infrastruktur jalan poros Batu Ampar sudah mencapai pembangunan 60 persen. Sebagai pendorong dan sarana? penunjang pembangunan perekonomian masyarakat Batu Ampar.


Baca juga: Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Mempawah Cegah Bencana


(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018