Mempawah (Antaranews Kalbar) - Stasiun Klimatologi Mempawah, Kalimantan Barat menerima penghargaan sebagai Stasiun Klimatologi terinovatif 2017.   

Penghargaan tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dalam acara Rapat Pembahasan Prakiraan Musim Kemarau 2018 di Jakarta, Selasa.   

Kepala Staklim BMKG Mempawah, Wandayantolis menyatakan penghargaan yang diterima Staklim BMKG Mempawah merupakan prestasi yang tidak lepas dari kerja sama dan sinergi dari seluruh instansi-instansi terkait, serta para pejuang data iklim (para pengamat pos hujan) di wilayah Kalimantan Barat atau Mitra Iklim Kalbar.   

"Saya selaku kepala Staklim bersama tim menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh mitra kerja. Diharapkan kedepan prestasi ini tetap dapat dipertahankan dan menjadin pemacu semangat dan kinerja untuk lebih baik," ujar dia.   

Sebelumnya pada awal tahun 2017 Staklim BMKG Mempawah, meraih predikat terbaik dalam Proyek Perubahan Diklat PIM. Kemudian pada November 2017 juga meraih predikat terbaik ke-3 Survei kepuasan masyarakat UPT BMKG se-Indonesia.

Dan pada 2016, kepala Staklim BMKG Mempawah, Kalbar, Wandayantolis juga telah menerima Satyalancana Wirakarya Presiden RI.   

"Saya kira kerjasama dan kekompakan tim yang solid di Staklim BMKG Mempawah adalah modal utama kita," katanya.   

Harmonisasi dengan pemda dan stakeholder lainnya menjadikan kami lebih percaya diri dan termotivasi terus untuk melakukan yang seharusnya kami lakukan sesuai tupoksi, kata Wandayantolis.   

Lebih lanjut dikatakan, peningkatan wawasan atas tupoksi dan kepekaan terhadap kebutuhan user pengguna info iklim yg dibangun melalui komunikasi dengan stakeholder seperti pemda dan masyarakat.    

"Adanya fasilitas yang memadai, seperti jejaring media sosial tentu saja kini semakin mempermudah kita membangun sinergi tersebut," ujarnya.   

Berbagai inovasi yang berkaitan dengan peningkatan kualitas layanan informasi Iklim, sejauh ini telah difasilitasi dan BMKG Staklim Mempawah, Kalbar. TEntu saja dapat diakses secara mudah oleh masyarat. Seperti climagrafis, clima extreme, integrasi sistem medsos, sistem info iklim berbasis bot telegram dan kuesioner online.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018