Pontianak (Antaranews Kalbar) - Anggota DPRD Kota Singkawang Lo Abidin menyambut baik jika di Kota Singkawang akan dibentuk cabang olahraga (cabor) barongsai.

"Saya tentu menyambut baik jika Singkawang akan dibentuk cabang olahraga (cabor) barongsai," kata Lo Abidin di Singkawang, Jumat.

Bahkan dirinya menyatakan siap menjadi pengurus cabor barongsai, jika memang dibutuhkan KONI atau Pemkot Singkawang.

"Saya siap jika memang dibutuhkan KONI atau Pemkot Singkawang," ujarnya.

Baca juga: Kejuaraan Barongsai di Singkawang

Pria yang bertindak sebagai ketua atraksi perlombaan Barongsai Tradisional se-Kalimantan Barat ini mengatakan, kejuaraan yang baru pertama kalinya digelar di Kota Singkawang ini diikuti sebanyak 23 tim dari berbagai daerah yang ada di Kalbar.

"Ada yang dari Kota Pontianak, Melawi, Sanggau, Sintang, Sambas dan Singkawang selaku tuan rumah," ungkapnya.

Sedangkan tim juri yang didatangkan panitia merupakan tim juri nasional bahkan Internasional.

"Mereka datang dari berbagai wilayah Indonesia, seperti Makassar, Solo, Jakarta, Bogor, Banten dan sebagainya," jelasnya.

Baca juga: 26 tim Barongsai siap bertanding

Menurutnya, tim juri yang didatangkan sangat ketat khususnya dalam memberikan penilaian. "Mereka sangat ketat dalam memberikan penilaian, sampai-sampai gerakan-gerakan yang kecil pun tak luput dari penilaian mereka," katanya.

Sedikitnya, sebut dia, ada 10 kategori yang dinilai diantaranya kekompakan, tarian, keindahan dan kerapian pakaian, baris berbaris dan lain-lain.

Sebelumnya, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyambut baik jika cabang olahraga (cabor) barongsai dibentuk di Kota Singkawang.

"Saya rasa Singkawang harus sudah punya cabang olahraga barongsai, sehingga mereka yang memang punya hobi di barongsai bisa menyalurkan hobinya di bidang ini," ungkapnya.

Pemerintah Kota Singkawang, katanya, selalu siap mendukung dan memfasilitasi jika memang cabor barongsai akan dibentuk di Kota Singkawang.

Baca juga: 17 tim Barongsai Singkawang kembalikan formulir pendaftaran


Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018