Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kantor Imigrasi Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat menghentikan sementara waktu pelayanan penerbitan paspor menyusul rusaknya fasilitas server yang tersedia di kantor tersebut.

"Sejak tiga hari terakhir pelayanan penerbitan paspor terhenti. Itu akibat server yang terkoneksi dengan Imigrasi di Jakarta mengalami kerusakan," ujar Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Sambas, Ari Widodo saat dihubungi di Sambas, Sabtu.

Sementara kata Ari untuk pelayanan lainnya kepada masyarakat tetap dibuka seperti biasa. Kembali, hanya tidak bisa untuk mengeluarkan paspor.

"Pendaftaran oleh masyarakat yang ingin membuat paspor tetap dilayani tetapi tidak bisa langsung mencetak buku paspornya," papar dia.

Menurut Ari terjadinya kerusakan terhadap server ketika aliran listrik terputus pada Rabu (21/2) pagi lalu.

Baca juga: Imigrasi Nyatakan Lima Warga Tiongkok Langgar Izin

"Kita sudah memberitahukan kerusakan server tersebut kepada divisi yang membidangi hal tersebut di Jakarta. Sekarang lagi ditindaklanjuti dan sedang diperbaiki," papar dia.

Namun lanjutnya belum bisa dipastikan hingga kapan perbaikan server tersebut. Sebelumnya pada awal 2017 lalu juga pernah terjadi kerusakan server.

"Ketika itu, untuk memperbaiki kerusakan terhadap server tersebut diperlukan dua minggu untuk perbaikan server," katanya. Atas kendala yang ada pihaknya meminta masyarakat agar bersabar dan untuk keperluan paspor yang bersifat mendesak ia menyarankan untuk bisa kekantor imigrasi lain yang terdekat.

"Imigrasi Singkawang merupakan kantor imigrasi yang terdekat, jadi masyarakat Kabupaten Sambas bisa mendapatkan pelayanan permohonan paspor di sana. Bisa juga daftar via online ke kantor Imigrasi Singkawang," katanya.

Dikatakan oleh Ari untuk mengetahui kondisi terkini Imigrasi Sambas dapat menghubungi nomor informasi di nomor 081258597723.

"Nomor HP tersebut untuk mengetahui informasi dan layanan pengaduan, bisa melalui SMS dan telepon," katanya.

Baca juga: Imigrasi Sambas Amankan WNI Palsu

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018