Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 525 "biker" atau pengendara sepeda motor dari empat negara luar bertandang ke Pontianak dalam rangka mengikuti Pontianak International Bike Tour (PIBT) yang berlangsung dari 22-25 Februari 2018.

"`Biker` dari luar negeri tersebut dari Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Thailand," ujar Ketua Panitia PIBT, Iwan Kurniawan di Pontianak, Jumat.

Iwan menjelaskan selain dari luar negeri dari luar Kalbar juga hadir dari kota-kota besar di Indonesia seperti dari Jakarta, Bandung, dan Lampung.

"Dalam even internasional `biker` yang pertama dilakukan di Pontianak ini sekitar 1000 `biker` kita hadirkan. Ada sejumlah rangkaian yang kita lakukan," papar dia.

Menurutnya peserta dijadwalkan akan mengunjungi tempat-tempat wisata di Pontianak, seperti Rumah Radakng, Keraton Kadriyah, dan Tugu Khatulistiwa serta naik kapal wisata menyusuri sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas.

"Kita akan mengenalkan pesona Kota Pontianak kepada `biker` dari luar negeri maupun dari luar Kalbar," jelas dia.

Iwan menjelaskan untuk puncak acara dari kegiatan ini yakni kegiatan "city tour" yang akan menempuh rute Pontianak, Mempawah, dan Singkawang yang digelar pada Minggu (25/2) mendatang.

"Di Mempawah dijadwalkan rombongan akan berkunjung ke Keraton Mempawah. Sedangkan di Singkawang mereka akan menginap selama sehari," jelas dia.

Ia menjelaskan hadirnya wisatawan mancanegara dan dari luar Kalbar tersebut memberikan dampak ekonomi yang besar. Ia mencontohkan saja hotel - hotel yang ada di Pontianak akan terisi lebih maksimal.

"Belum lagi kuliner yang dijajal biker. Itu tentu akan membuat usaha kuliner kita terus bergeliat," jelas dia.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018