Pontianak (Antaranews Kalbar) - Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar, akan menggelar Mubes V (musyawarah besar), dengan salah satu agenda melakukan pemilihan kembali ketua umum MABM Kalbar periode 2018-2022.

"Mubes V MABM Kalbar, akan digelar Rabu (28/2), di Grand Mahkota?Hotel Pontianak, yang akan dihadiri penjabat gubernur Kalbar, dan dibuka langsung oleh bapak Oesman Sapta," kata Ketua MABM Kalbar, Chairil Effendy, Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, Mubes V tersebut merupakan momentum di MABM Kalbar untuk mendengarkan laporan pertanggungjawaban ketua umum lama. Kemudian juga akan menggodok program kerja lima tahunan ke depan, dan merumuskan perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta menyusun rekomendasi-rekomendasi baik untuk kepentingan internal maupun eksternal.

Ia menambahkan, penyusunan rekomendasi internal tersebut berkaitan dengan konsolidasi organisasi, dan untuk eksternal yakni memberikan pemikiran tentang pembangunan di wilayah Kalbar khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

"Saya sudah lima tahun bertugas sehingga diserahkan kepada hasil musyawarah besar apakah laporan dapat diterima. Kemudian apakah saya diangkat kembali apa tidak itu semua diserahkan sepenuhnya pada Mubes," ungkap Chairil.

Terkait berakhirnya jabatannya sebagai Ketum MABM Kalbar,?Chairil Effendy juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur Kalbar, Forkopimda seperti Pangdam XII Tanjungpura, Kapolda Kalbar dan lainnya, termasuk organisasi sosial kemasyarakatan yang selama ini bekerjasama baik dengan MABM selama masa dia menjabat sebagai ketum MABM Kalbar.

"Ucapan itu juga saya tujukan kepada, DAD, MABT, IKBM, SOPAT dari Jawa Barat, KKSS, Bubuhan Banjar, seluruh pengurus MABM Kalbar dan lain-lain," katanya.

Ia menambahkan hal itu perlu ia katakan karena selama ini bersama pemerintah, aparat keamanan dan ormas tersebut dalam menjaga dan menciptakan suasana yang kondusif bagi kehidupan sosial budaya di Kalbar ini.

"Saya berharap kedepannya kondisi kondusif yang pluralistik di Kalbar tetap terjaga, dan merawat Kebhinekaan di Kalbar tetap langgeng," katanya.


Pewarta: Andilala/Slamet

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018