Pontianak (Antaranews Kalbar) - Lebih dari seribu pengunjung mendatangi Planetarium Mini yang terletak di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak dalam dua hari, mulai Rabu (21/3).
   
"Masyarakat sangat antusias sekali  dengan kehadiran Planetarium Mini ini, contohnya pada hari kedua ini sudah lebih dari 1.000 pengunjung yang hadir," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pontianak Ir Muzirwan S Kom di Tugu Khatulistiwa Pontianak, Kamis (22/3).
   
Ia pun berharap, agar ke depannya dapat dibangun Planetarium sebagai media edukasi dan pembelajaran bagi masyarakat di Pontianak secara permanen di Tugu Khatulistiwa.
   
Sekaligus, lanjut dia, untuk penataan yang lebih baik sebagai kawasan wisata.
   
Ia menambahkan, Planetarium Mini ini sengaja dihadirkan berhubungan dengan fenomena kulminasi matahari. "Hal ini bertujuan agar masyarakat menikmati dan mendapatkan hal baru berhubungan  dengan benda-benda langit yang terhubungan dengan proses terjadinya kulminasi matahari," kata Muzirwan.
   
Namun keberadaan Planetarium Mini yang hanya tiga hari yakni dari tanggal 21 - 23 Maret 2018 dirasakan kurang memuaskan bagi sejumlah pengunjung. Seperti  yang diungkapkan Bagas, salah seorang pengunjung,  yang sangat berharap akan adanya perpanjangan waktu pembukaan Planetarium Mini ini.
   
"Harapannya waktunya bisa diperpanjang dan kalau bisa dibuat permanen, karena sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan juga memberikan sensasi yang luar biasa dengan efek 3D -nya," tuturnya.


Baca juga: Lapan edukasi pengunjung pesona matahari Pontianak melalui planetarium
 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo/Vonda (Magang)

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018