Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 83 persen atau 9.597 siswa dari 11.563 siswa SMP/sederajat di Kota Pontianak yang siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018.

"UNBK akan digelar 23 April mendatang, sebelumnya mereka mengikuti ujian sekolah yang dijadwalkan, 9 April 2018," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Mulyadi di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, jika dilihat peserta dari SMP negeri dan swasta, persentasenya sebesar 92,4 persen dari total 9.564 siswa.

Untuk MTs dengan total peserta 1.999 yang ikut UNBK sebanyak 762 siswa atau 38,1 persen, sementara untuk SMP negeri semuanya siswanya mengikuti UNBK semuanya, katanya.

Baca juga: UNBK kurangi kebocoran soal ujian

"Kalau dilihat dari jumlah sekolah, total ada 106 sekolah SMP/sederajat, diantaranya sebanyak 76 SMP negeri, dan sisanya 30 SMP swasta yang siswanya ikut ujian. Dari jumlah itu, sebanyak 55 SMP/sederajat, dan SMP swasta hanya tiga sekolah yang siswanya mengikuti UNBK atau total sekitar 68,4 persen," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan angka total 83 persen siswa SMP/sederajat di Kota Pontianak yang mengikuti UNBK, maka angkanya di atas rata-rata nasional yang cuma 75 persen.

"Untuk mendukung UNBK, kami telah mendukung pengadaan komputer untuk semua sekolah negeri, baik yang sudah berada di sekolah, maupun yang sedang dalam proses pengiriman," ujarnya.

Dia mengimbau agar para orang tua dan siswa tidak panik. "Bagi peserta UNBK agar betul-betul menyiapkan diri secara baik-baik karena nilai ujian nasional berpengaruh bagi mereka untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya.


Baca juga: Sebanyak 55 SMP di Pontianak siap gelar UNBK

 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018