Solo  (Antaranews Kalbar) - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Karolin Margret Natasa mendapatkan penghargaan dari Kasunanan Surakarta dengan gelar Kanjeng Mas Tumenggung dr.Karolin Margret Natasa Ningtyas.

Penghargaan itu diberikan oleh Kasunanan Surakarta Solo atas kecemerlangan karier politik Karolin dan kepiawaiannya dalam menjalankan program pemerintahan di Kabupaten Landak. Meski baru menjabat sebagai Bupati Landak selama 7 bulan, namun percepatan layanan dan gebrakan di bidang pemerintahan berhasil dilakukan oleh ibu dua anak tersebut.

Melalui penganugerahan tersebut, Karolin tercatat sebagai kerabat Keraton Surakarta Hadidiningrat dan bertanggung jawab untuk mempersatukan Nusantara, menumbuh kembangkan nilai-nilai budaya dan selalu berkomunikasi dengan kesultanan.?

Pada kesempatan tersebut, Karolin menyatakan dirinya sama sekali tidak menduga akan mendapatkan penghargaan dari Keraton Surakarta tersebut.

"Untuk indikator penghargaannya sendiri, saya dinilai memiliki karier politik yang cemerlang, dan melakukan beberapa gebrakan di pemerintahan Landak. Lebih jelasnya, coba tanyakan langsung kepada pihak Keraton Surakarta," kata Karolin, usai menerima penghargaan itu, di Solo, Rabu malam.

Atas penghargaan itu, dirinya menyatakan akan menjadi motivasi baginya untuk bisa menjadi lebih baik kedepan.

"Sesuai dengan tugas dari gelar yang saya dapat, saya juga akan berusaha maksimal dalam mempersatukan Nusantara, menumbuh kembangkan nilai-nilai budaya. Bukan hanya budaya Jawa, tetapi semua budaya yang ada, khususnya yang ada di Kalimantan Barat, agar kita bisa selalu dalam satu bingkai Bhinneka Tunggal Ika," kata Karolin.

Seperti yang diketahui, sejumlah gebrakan yang dilakukan oleh Karolin saat menjadi Bupati Landak, seperti memberikan perhatian tinggi terhadap pengembangan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga mendapatkan penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), dirinya juga memperbaiki layanan RSUD Landak sehingga semakin banyak masyarakat yang mengakui pelayanan di rumah sakit tersebut menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, Karolin juga dinilai telah melakukan percepatan dalam perbaikan laporan keuangan sehingga mendapatkan penghargaan dari BPK RI.

Di karier politik, sejak terjun ke dunia politik 2008 lalu, dirinya berhasil mencatatkan prestasi yang mengagumkan dengan menjadi anggota DPR ke-3 dengan perolehan suara terbanyak. Kemudian pada Pileg 2014 lalu, Karolin berhasil mencatatkan namanya sebagai Caleg dengan perolehan suara terbanyak se-Indonesia.

Tidak berhenti disitu, pada Pilkada Landak tahun 2017 lalu, dirinya juga berhasil merebut kepercayaan masyarakat Landak dengan perolehan suara 97,6 persen dan mencatatkan dirinya sebagai Bupati Perempuan pertama di Landak.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018