Pontianak, 27/4 (Antara) - Harga pangan masyarakat yang dijual di sejumlah pasar yang ada di Pontianak seperti di Pasar Flamboyan relatif masih stabil meskipun ada beberapa mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan di pasar, saat ini untuk aneka sayur - mayur masih belum ada gejolak harga seperti wortel Rp15.000 per kilogram, sawi putih Rp14.000 per kilogram, kentang Rp12.000 per kilogram, cabai kecil Rp40.000 per kilogram dan beberapa jenis lainnya.

"Saat ini harga sayur masih normal - normal saja meskipun mau menghadapi Ramadhan. Naiknya harga sayur hanya dipengaruhi cuaca yang buruk. Cuaca buruk membuat tanaman jadi busuk. Namun momen ramadhan meskipun permintaan tinggi kalau stok aman tidak masalah soal harga," ujar satu di antara pedagang, Hayyan di Pontianak, Jumat.

Hayyan menambahkan yang berpotensi naik dan rentan terhadap permintaan adalah bawang. Untuk bawang putih menurutnya masih rendah yakni hanya di kisaran Rp22.000 per kilogram.

"Untuk bawang merah saja yang sudah mulai naik yakni sudah ada mencapai Rp30.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga terendah bawang merah yang ada di jual sekitar Rp28.000 per kilogram," papar dia.

Sementara itu untuk harga ayam di Pontianak saat ini masih terbilang tinggi meskipun mengalami penurunan dibandingkan beberapa minggu sebelumnya.

"Harga ayam saat ini masih tinggi yakni Rp28.000 per kilogram. Harga tersebut sudah turun dari sebelumnya yakni mencapai Rp31.000 per kilogram. Kalau harga ayam dibilang normal tidak lebih dari Rp25.000 per kilogram," ujar pedagang ayam, Mak Long.

Mak Long menjelaskan untuk menghadapi ramadhan ia memastikan untuk harga ayam kembali merangkak naik dan diprediksi bisa tembus di angka Rp30.000 per kilogram.

"Kenaikan harga tidak terlepas dari tingginya permintaan masyarakat. Sudah momennya dari tahun - tahun sebelumnya harga ayam naik menjelang dan saat ramadhan," papar dia.

Untuk harga ikan di pasar saat ini masih stabil belum ada kenaikan yang berarti. Harga ikan kembung masih di kisaran Rp28.000 per kilogram, cumi - cumi Rp35.000 per kilogram, udang mulai harga Rp35.000 per kilogram. Hanya saja untuk ikan tongkol hitam yang suplainya sedikit saat ini harganya mencapai Rp31.000 per kilogram.

Baca juga: Harga bawang merah di Pasar Flamboyan merangkak naik

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018