Pontianak (Antaranews Kalbar) - Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat memberikan penghargaan kehormatan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada saat sidang senat terbuka dies natalis ke-59 universitas terbesar di Kalbar tersebut.

"Pemberian penghargaan kehormatan tersebut atas prestasi serta karya dalam membangun bangsa dan negara Indonesia," ujar Rektor Untan Pontianak, Prof.Thamrin Usman di Pontianak, Jumat.

Thamrin menjelaskan selain memberikan kepada Menteri Keuangan, pihaknya juga memberikan penghargaan kehormatan Tanjupura Universty Royal Award kepada Pejabat Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji.

"Penghargaan kepada dua tokoh yang juga sekaligus pejabat negara tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan terhadap karya dan prestasi yang diraih dalam rangka memajukan dan pengabdian untuk bangsa ini," papar dia.

Pada kesempatan tersebut Thamrin memaparkan bahwa saat ini Untan Pontianak di usia ke-59 tahun sudah memiliki 9 fakultas, 96 program studi (Prodi) yang terdiri 6 prodi diploma, 3 prodi profesi, 63 prodi sarjana, 22 prodi magister dan 2 prodi doktoral.

"Dari sisi jumlah mahasiswa/i aktif tahun akademik 2017/2018 totalnya 32.320 orang yang terdiri 15.712 mahasiswa dan 16.608 mahasiswi," papar dia.

Berdasarkan sebaran mahasiswa berdasarkan jenjang program pendidikan menurutnya mahasiswa paska sarjana baru mencapai 4 persen dari total mahasiswa yang aktif.

"Yang mendominasi jenjang prodi tentu di sarjana yang mencapai 92 persen dari total mahasiswa yang aktif," jelas dia.

Thamrin berkomitmen untuk terus meningkatkan pendidikan mahasiswa nya dalam rangka untuk meningkatkan SDM masyarakat Kalbar.

"Kunci untuk pembangunan dan kemajuan daerah ini tidak terlepas dari satu di antaranya SDM yang berkualitas. Untuk SDM, Untan akan berperan di situ," katanya.  


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018