Pontianak (Antaranews Kalbar) - Direktur PDAM Gunung Poteng Singkawang, Kristina Killin mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dengan menurunkan konsultan untuk membantu PDAM Singkawang meningkatkan kinerja.

"Jadi mereka (konsultan BPPSPAM) bekerja di sini selama enam bulan terhitung Mei - Oktober 2018," kata Kristina di Singkawang, Jumat.

Dia menjelaskan, dalam program ini, sedikitnya ada lima hal yang dikerjasamakan, diantaranya, dalam hal pemerataan tekanan dan pendistribusian air.

Kemudian penanggulangan pelanggan-pelanggan yang beranomali seperti tanpa meteran, meteran rusak, meteran terpendam/tertimbun, termasuk penyambungan pipa ilegal sampai dengan penyelesaian tunggakan pelanggan PDAM.

Baca juga: Pelanggan tidak resmi penyebab kerugian

"Kami berkomitmen untuk terus berbenah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama kepada pelanggan. Untuk itu, peningkatan kinerja PDAM terus dilaksanakan secara berkelanjutan," tuturnya.

Kristina mengatakan, walaupun secara instalasi sudah tersedia, namun hal itu tidak akan bisa sepenuhnya berjalan apabila belum ada komitmen dari internal PDAM itu sendiri.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan meminta kepada PDAM Gunung Poteng Singkawang terus meningkatkan etos kerja dalam pelayanan air bersih kepada masyarakat, hal ini karena saat ini sarana dan prasarana PDAM baik intake dan IPA sudah memadai.

"Ini harus menjadi perhatian serius PDAM Gunung Poteng Singkawang untuk dapat meningkatkan kinerja dan profesional dalam memberikan layanan air bersih," katanya.

Baca juga: PDAM Singkawang Ubah Sistem Pengaliran Air Bersih

Dia berharap, demi memaksimalkan pelayanan, maka PDAM Gunung Poteng bisa melakukan layanan jemput bola ke warga maupun pelanggan PDAM itu sendiri, sehingga cakupan layanan air bersih bagi warga semakin luas.

"Jadi cakupan warga yang masih terlayani sekitar 30-40 persen bisa ditingkatkan," pintanya.

Dia pun meminta, seluruh Dewan Direksi beserta jajarannya hingga ke bawah haruslah kompak dan disiplin dalam bekerja.

"Bekerjalah sesuai tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Apalagi pelayanan PDAM ini menyentuh langsung ke masyarakat," pintanya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018