Pontianak (Antaranews Kalbar) - Lembaga Riset dan Opini Publik (LROP) memprediksikan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin-Gidot akan memenangkan Pilkada Kalbar 2018, berdasarkan hasil survey yang mereka lakukan.

 "Dari keseluruhan komponen survei yang disampaikan kepada responden, pasangan Karolin Gidot berpeluang untuk memenangkan Kontestasi Pilkada Kalbar 2018," kata Direktur LROP, Drs. Christ Romulo M.Si, M.Stat, saat menyampaikan hasil survei yang mereka lakukan di Pontianak, Rabu.

Namun demikian, katanya, peluang pasangan Sutarmidji-Norsan masih tetap terbuka.

Oleh karena itu, katanya, sisa waktu seminggu pada akhir masa kampanye ini harus dimanfaatkan oleh semua pasangan calon secara maksimal untuk dapat menambah pundi-pundi elektabilitasnya.?

 "Yang tidak kalah pentingnya adalah, pasangan calon harus berani melakukan terobosan baru dengan cara menyampaikan program-program nyata, yang bermanfaat langsung, dapat dipercaya, dan berdampak bagi pemilih, terutama Pemilih Pemula dan pemilih Muda (Hingga Usia 39 tahun) yang memiliki proporsi tertinggi di Pilkada Kalbar," tuturnya.

 Menurutnya, para pasangan calon dan tim sukses selama ini telah berupaya melakukan pendekatan kepada warga Kalbar agar dapat meningkatkan popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas.?

Namun untuk mengetahui seberapa peluang ketiga pasangan calon memenangkan kontestasi tersebut, maka diperlukan suatu metode ilmiah yang terukur, dan terpercaya yang dapat menggambarkan secara keseluruhan nilai dari setiap komponen yang digunakan.?

? ? Prediksi yang didapatnya tersebut berdasarkan survei yang dapat mengukur persepsi dan opini publik terhadap ketiga pasangan calon pada tanggal 28 Mei sampai 2 Juni 2018 yang lalu.

? ? "Lembaga Riset dan Opini Publik (LROP) telah melakukan survey secara langsung (tatap muka). Dengan menggunakan Metode multistage random sampling dan jumlah responden 1400 orang serta tersebar di 14 kabupaten/kota di 140 kelurahan/desa yang ada di Kalbar," katanya. ? ? ? ?

? ??Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional. Adapun margin of error sebesar 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.?

? ? "Responden diambil secara acak yang dimulai dari tingkat kecamatan, selanjutnya tingkat kelurahan/desa, selanjutnya tingkat RT hingga akhirnya Keluarga Target (responden). Hasilnya, kita mengetahui bahwa pasangan cagub dan cawagub Kalbar Karolin-Gidot akan memenangkan Pilkada Kalbar 2018 nanti," tuturnya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018