Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 23 siswa SMA/SMK/SLB asal Provinsi Kalimantan Barat akan mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dengan penempatan di Provinsi Jawa Tengah selama satu minggu.

Panitia Seleksi SMN Provinsi Kalbar Rufini S Pd M Pd di Pontianak, Selasa mengatakan, proses seleksi sudah dilakukan sejak beberapa waktu sebelumnya.

"Ada 14 kabupaten dan kota di Kalbar, masing-masing daerah juga sudah diminta untuk melakukan seleksi siswa," kata Rufini yang juga Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar.

SMN merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh Kementerian BUMN dengan melibatkan BUMN di tiap provinsi. Untuk SMN Provinsi Kalbar, BUMN penanggung jawab adalah PT Waskita Karya dengan pendamping PT Sucofindo.

SMN bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang telah dikunjungi.

Bagi provinsi yang mempunyai kurang dari 18 kabupaten/kota, jumlah peserta minimal 20 siswa yang mewakili seluruh kabupaten/kota. Apabila daerahnya lebih dari 18 kabupaten/kota, maka mengirim satu siswa per kabupaten/kota. Kemudian ditambah tiga orang yang merupakan penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB.

Siswa yang terpilih mempunya prestasi seperti di bidang akademik, olahraga, seni, dan ada juga yang berasal dari kalangan keluarga tidak mampu. Mereka juga diminta membuat tulisan 500 kata tentang SMN.

"Diharapkan setelah ini mereka akan mendapat wawasan baru dan semakin kuat tentang Indonesia, cinta tanah air, sekaligus saling tukar informasi tentang keanekaragaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah, dan kewirausahaan provinsi tujuan," katanya menjelaskan

 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018