Pontianak (Antaranews Kalbar) - Puluhan personel pangkalan TNI-AU Lapangan Udara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, melakukan aksi bersih-bersih pada Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, di Kabupaten Kubu Raya, Rabu.

Kegiatan ini dipimpin Kepala Seksi Pembinaan Jasmani Militer (Kasi Binjasmil) Lanud Supadio, Letkol Kes Joko Pamilih. 

"Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan dan memperindah TMP. Karena, dalam dua hari ke depan, TMP akan jadi lokasi Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)," kata Letkol Kes Joko Pamilih.

Proses pembersihan TMP Patria Jaya tersebut dilakukan mulai dari lantai lapangan upacara yang dipel, areal nisan dan makam dibersihkan dari rumput-rumput liar, dan penataan kebun bunga.

"Beberapa perangkat TMP lainnya, juga kita rapikan, misalnya tiang bendera, tugu TMP, dan beberapa areal lainnya. Kita berharap, lokasi ini bisa bersih, indah, dan tertata rapi," tuturnya.

Joko menjelaskan, AKRS yang dilaksanakan pada Jumat (17/8) dini hari, akan dipimpin oleh Komandan Lanud (Danlanud) Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo, S.IP.

Dengan kebersihan dan keasrian areal makam, kata Letkol Kes Joko, maka diharapkan acara bisa berlangsung khidmat.

"AKRS akan turut dihadiri oleh pejabat TNI/Polri di Kalbar, pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi, Kota Pontianak, maupun Kabupaten Kubu Raya (KKR).

"Intinya kita turut menyukseskan peringatan HUT Proklamasi NKRI. Salah satunya adalah AKRS, yang jadi wadah penghormatan kepada para pahlawan yang sudah berjuang dan mendahului kita," katanya.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018