Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kota Pontianak Andreas Acui Simanjaya berharap pertumbuhan ekonomi di Kota Khatulistiwa tersebut terus meningkat di usianya yang ke- 247 tahun.

"Hari ini tepat usia Kota Pontianak sudah 247 tahun. Sejauh ini Pontianak menunjukan perkembangan yang pesat," ujarnya di Pontianak, Selasa.

Ia menambahkan bahwa pembangunan berbagai infrastruktur dan fasilitas yang cukup lengkap di Kota Pontianak sangat menunjang pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Nilai aset milik warga juga meningkat dengan adannya infrastruktur jalan yang lebar dan terhubung dengan baik," kata dia.

Bagi dunia usaha, lanjut dia, kemampuan pemerintah kota menyederhanakan urusan perizinan dan administrasi juga membuat dunia usaha bergairah dan tumbuh dengan baik beberapa tahun terakhir ini.

Baca juga: Apindo harap gubernur baru Kalbar hilangkan monopoli bisnis

Hanya ada satu hal yang kerap jadi keluhan warga kota Pontianak adalah pelayanan suplai energi listrik oleh PLN yang masih seringkali mati mendadak.

"Kembali, dunia usaha mengharapkan pertumbuhan ekonomi di kota Pontianak semakin membaik ke depannya dan semakin menyediakan lapangan kerja untuk menerima angkatan kerja yang cukup besar setiap tahunnya," harap dia kembali.

Dari segi penetapan UMP UMK yang kini mempergunakan rumus dari pemerintah pusat diharapkan dapat mendorong terjadinya keseimbangan antara kemampuan perusahaan membayar dan harapan pekerja selaku penerima gaji.

"Diharapkan adanya hubungan yang baik antara perusahaan dan pekerjanya dan terjadi saling sinergis dalam hubungannya sehingga dunia usaha dapat berkembang lagi lebih pesat dengan mutu produk dan? pelayanan yang lebih meningkat," imbuh dia.

Terpenting lagi ke depannya papar dia adalah hubungan transportasi dua bagian di kota Pontianak yang dibelah Sungai Kapuas ini bisa lebih lancar?dengan banyak jalur banyak alternatif.

"Harapan ini sudah mulai nampak dengan di bangunnya jembatan paralel di Sungai Landak. Jika hubungan transportasi lancar maka distribusi kegiatan dan lokasi tinggal masyarakat akan semakin baik dan pertumbuhan tidak tumbuh hanya di beberapa bagian tertentu dari kota Pontianak ini," kata dia.




 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018