Putussibau (Antara) - Festival Danau Sentarum di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu wilayah Kalbar kembali digelar dengan tujuan menjual potensi wisata ke dunia. 

"Festival Danau Sentarum sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kapuas Hulu dengan tujuan ini mempromosikan potensi wisata dan seni budaya hingga tingkat internasional," kata Ketua Panitia Muhammad Sukri saat pembukaan festival di Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.

Disampaikan Sukri, Festival Danau Sentarum sudah masuk salah satu dari 100 event pariwisata tingkat nasional. 

Menurut dia, untuk rangkaian kegiatan Festival Danau Sentarum dilaksanakan di empat lokasi yaitu di Seriaman Malaysia, Badau, Putussibau dan pusat kegiatannya ada di Lanjak Kecamatan Batang Lupar mulai 25 - 28 Oktober 2018. 

"Banyak kegiatan yang dilaksanakan diantaranya parade perahu di Danau Sentarum, penyusuran danau menggunakan Sentarum Cruise, karnaval, minum madu, bersepeda di jantung Borneo dan duta Sentarum," jelas Sukri. 

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan Festival Danau Sentarum itu sudah di ekspose secara nasional dan internasional. 

Dikatakan Nasir, pelaksanaan Festival Danau Sentarum bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata Kapuas Hulu yang memiliki keunikan serta seni budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lain. 

Hanya, ke depan perlu kerjasama semua pihak untuk untuk memajukan pariwisata Kapuas Hulu baik pengelolaan wisatanya mau pun pembangunan sarana dan prasarana. 

"Selain pemerintah, peranan masyarakat juga sangat diperlukan, sehingga perlu sinergitas untuk kemajuan wisata," ucap Nasir. 

Ia berharap pelaksanaan Festival Danau Sentarum dapat berdampak positif dalam kemajuan pariwisata Kapuas Hulu, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018