Singkawang (Antaranews Kalbar) - Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang menyiapkan panggung kehormatan untuk tamu VVIP dan VIP di depan Sekretariat Perhakin di Jalan Diponegoro Singkawang, Kalimantan Barat terkait dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di daerah tersebut pada tahun ini.

"Di panggung tersebut, akan ada atraksi 12 replika Naga Bulan, Barongsai, dan Killin sekitar 10-15 menit," kata Ketua Harian Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang Tjhai Leonardi di Singkawang, Senin.

Ia mengatakan berbagai hal yang ditampilkan pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh ditahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun lalu, di mana tahun ini, khususnya pawai lampion akan ada panggung kehormatan untuk tamu VVIP dan VIP di depan Sekretariat Perhakin di Jalan Diponegoro Singkawang.

Pihak Pemkot Singkawang, katanya, sudah menyiapkan 200 tiket untuk tamu VVIP, sedangkan dari pihak panitia 1.000 tiket untuk tamu VIP.

"Sementara tiket yang panitia siapkan adalah untuk para tokoh-tokoh masyarakat Singkawang yang setiap tahunnya kami undang dan para donatur-donatur atau `sponsorship` yang telah membantu kami," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi diundang ke kota amoy dalam perayaan CGM


Dia menjelaskan untuk tiket tamu yang diundang bersifat "free", sedangkan untuk penonton yang mau duduk di tribun, panitia sudah menyiapkan tiket di Sekretariat Singkawang Cultural Center (SCC).

"Untuk mendapatkannya, masyarakat bisa membelinya seharga Rp150 ribu per tiket," ungkapnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Singkawang Bosni mengatakan pihaknya akan menyiapkan sisi (tempat, red.) pengambilan gambar bagi para jurnalis dan fotografer di panggung kehormatan.

"Kami tidak mengizinkan dan membenarkan apabila jurnalis atau fotografer mengambil gambar dengan melintasi atau membelakangi salah satu panggung kehormatan. Karena panggung itu berhadapan antara VVIP dengan VIP," katanya.

Ia menjelaskan dengan posisi itu, ketika jurnalis atau fotografer mau mengambil gambar di panggung VVIP, tidak dibenarkan pengambilan gambar itu karena membelakangi panggung VIP.

Baca juga: Pemkot Pontianak berharap Cap Go Meh dongkrak wisatawan

"Begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Dari pantauan pihaknya, di sisi kiri panggung memungkinkan untuk pengambilan gambar.

Namun, apabila pembukaan ditandai dengan pemukulan gong maka akan pihaknya siapkan tempat khusus sehingga tidak membelakangi para tamu.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019