Sanggau (Antaranews Kalbar) - Pelaksana harian (Plh) Bupati Sanggau AL Leysandri melaksanakan tanam perdana padi pascacetak sawah tahun 2018 di Dusun Sengkuang, Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas.
    Kedatangan Plh.Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat Desa Sungai Muntik, serta diringi dengan tarian khas Melayu dan hadrah ketika menuju ketempat yang sudah disediakan.
    Hadir saat itu, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar yang diwakili Kasi Peluasan Lahan Didi.
    Lalu Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim Sanggau diwakili Kapten Inf Agus Maulana, Staf Ahli Bupati Sanggau Ignatius Iranto, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau  Jhon Hendri, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Camat Kapuas Alipius beserta istri, Kades Sungai Muntik Hariyanto, perwakilan perusahaan, perbankan, tokoh masyarakat/adat/agama dan seluruh masyarakat Desa Sungai Muntik.
    Kades Sungai Muntik Haryanto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sanggau dalam hal ini bekerja sama dengan Kodim/1204 Sanggau yang sudah memberikan bantuan berupa benih beras unggul dan alat-alat pertanian.
    "Kepada masyarakat, dengan harapan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Sungai Muntik kedepannya," ungkapnya.
    Dandim Sanggau diwakili Kapten Inf Agus Maulana mengatakan adapun tugas pokok TNI yakni membantu kelancaran program-program Pemkab dalam hal membangun perekonomian masyarakat dan infrastruktur di daerah perdalaman.
    "Pada hari ini dapat kita saksikan bersama tanam perdana padi di Desa Sungai Muntik. Dan ini salah satu wujud nyata kerja sama TNI dengan Pemkab Sanggau dalam meningkatkan ketersedian beras serta perekonomian masyarakat," ujarnya.
     Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau John Hendri menyampaikan, jika berbicara tentang cetak sawah ini Kabupaten Sanggau mendapat kebagian 200 hektare dari 500 hektare se-Provinsi Kalbar.
     "Ini cukup luas yang telah diberikan kepada Kabupaten Sanggau, agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.
    Sementara, Plh Bupati Sanggau AL Leysandri mengaku senang bisa hadir dalam tanam perdana padi di Desa Sungai Muntik. Leysandri juga mengimbau kepada pihak perusahaan agar bisa memberikan bantuan kepada masyarakat seperti benih padi unggul, pupuk. Dan bahkan cetak sawahnya, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut guna untuk meningkatkan ketersediaan lumbung pangan di Kabupaten Sanggau.
    "Untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Menyikapi hal tersebut maka perlu kerjasama kita semua untuk bisa mewujudkan apa yang kita inginkan untuk Kabupaten Sanggau maju dan terdepan," pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Khusyairi/Alfian/Rizky Diskominfo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019