Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan meningkatnya angka harapan hidup di kabupaten tersebut merupakan salah satu perwujudan dari Program Sanggau Sehat.
"Meningkatnya harapan hidup masyarakat di Kabupaten Sanggau akan terwujud. Maka kita perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas atau jumlah pelayanan kesehatan kepada masyarakat seperti jumlah perawat dan bidan," ungkap Hadi saat meresmikan Puskesmas Kecamatan Parindu, Selasa.
Dipaparkan Hadi, salah satu upaya Pemkab Sanggau dengan membangun sarana dan prasarana yang representatif dan termasuklah Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu tersebut.
"Dan salah satu bukti kita ingin mewujudkan Sanggau sehat yang bermartabat," ujarnya.
Hadir saat itu sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat seperti Wakil Ketua DPRD Sanggau Usman, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim Sanggau Herry Purwanto.
Menurut Hadi, bangunan Puskesmas ini sudah lama diinginkan oleh masyarakat Parindu. Dan saat ini bangunan Puskesmas Pusat Damai ini bisa diresmikan dan difungsikan oleh masyarakat.
"Sekarang tinggal kita melengkapi yang menjadi ukuran standar Puskesmas terkait dengan tenaga medis dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat seperti; jumlah minimal perawat dan bidan sehingga standar ini harus dipenuhi. Dari segi fisik sudah oke, tinggal pelayanan kesehatan masyarakat diperkuat, dengan ramah dan hati yang tulus. Dan saya percaya pelayanan kesehatan di Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini pelayanannya baik dan ramah. Dan saya berharap Puskesmas ini dimanfaatkan dan fungsikan dengan baik oleh masyarakat," ungkap dia.
Menurut Hadi, kedepan perlu merancang desa dan dusun yang notabene penduduknya banyak. "Saya rasa perlu dipikirkan kedepan, apa lagi berkaitan dengan kendala transportasi yang jauh. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk berobat ke kota, dengan begitu yang menjadi wujud dari visi dan misi Pemkab Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu 'Sanggau Sehat' meningkatnya angka harapan hidup masyarakat Kabupaten Sanggau," jelasnya.
Kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dr Jones Siagian mengungkapkan terkait visi dan misi Pemkab Sanggau masa kepemimpinan Bupati Sanggau Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dari periode pertama yaitu pada tahun 2014 hingga 2019 ingin mewujudkan Kabupaten Sanggau maju dan terdepan.
"Tolok ukurnya tertuang dalam seven brand images Sanggau salah satunya adalah 'Sanggau Sehat'. Sehingga Pemkab Sanggau berupaya membuat banguan Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini dengan megah dan representatif. Tentunya akan tetapi juga perlu didukung dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan terutama pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik dan ramah," ungkapnya.
Jones juga menyampaikan  data yang sudah ada mengenai angka kematian di Kabupaten Sanggau disebabkan antara lain karena stroke, serangan jantung dan termasuklah kecelakaan lalu lintas.
Sementara Camat Parindu Paulus Usrin mengungkapkan terbangunnya gedung yang begitu megah dan modern ini menjadi kebanggaan tersendiri oleh masyarakat Kecamatan Parindu. Yang mana sudah lama diimpi-impikan oleh masyarakat Parindu.
"Perlu kami sampaikan dari Kementerian Kesehatan RI sudah memberikan penilaian terhadap akreditasi Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini dengan perolehan Akreditasi Tingkat Madya. Harapannya akreditasi tersebut untuk bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan, serta didukung dengan pelayanan kesehatan masyarakat yang bekerja secara profesional, proporsional dan dengan hati yang tulus," ungkapnya.
Saat itu dilaksanakan juga penyerahan plakat ucapan terima kasih atas pengawalan, pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi kepada Kepala Kejari Sanggau M.Idris F.Sihite, dan Ketua TP4D Sanggau Iman Khilman.
Kemudian penyerahan sertifikat akreditasi Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu oleh Bupati Sanggau kepada Kepala Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu.
Dilanjutkan prosesi pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Ny.Arita Apolina dan sekaligus peninjauan ruangan kesehatan di Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu oleh Bupati Sanggau dan para tamu undangan.

 

Pewarta: M Khusyaeri

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019