Sedikitnya sebanyak 34 Organisisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sanggau telah mendaftar untuk mengikuti acara bepanok ajan (memasak lemang, red) di Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dis Hangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau.
Kepala Dinas Hangpang Hortikan Sanggau John Hendri selaku koordinator bepanok ajan, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan rangkaian memeriahkan HUT ke-403 Kota Sanggau yang jatuh pada tanggal 3 April mendatang.
Tradisi bepanok ajan ini adalah tradisi orang tua zaman dulu yang dipopulerkan lagi dimasa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau Paolus Hadi dan Yohanes Ontot.
"Ini tradisi asli orang Sanggau. Dulunya, melalui bepanok ajan ini warga saling bergotong royong. Nah, tradisi ini yang coba kita populerkan lagi, kita angkat kembali untuk kita sampaikan kepada generasi sekarang,"ujarnya.
Ditambahkan, sampai saat ini, panitia masih membuka pendaftaran bagi OPD yang ingin mendaftar.
"Masih kita terima, cuma bepanok ajan ini tidak dilombakan. Dan lokasi bepanok atau masak ajannya nanti kita pusatkan di seberang jalan kantor Camat Kapuas, Jalan Jenderal Sudirman. Dan untuk pelaksanaannya tanggal 3 April 2019 mulai pukul 11.00 Wib sampai selesai," pungkasnya.

 

Pewarta: M Khusyaeri

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019