Ketua DPRD Singkawang, Sujianto meminta KPU maupun Dinas Kesehatan untuk meninjau langsung kesehatan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.

"Karena masih ada yang melakukan rekapitulasi hasil Pilpres dan Pileg, kita mintalah KPU dan Dinas kesehatan melakukan bantuan kesehatan kepada mereka ini," kata Sujianto, Rabu.

Penyelenggara Pemilu yang dimaksud adalah mulai dari petugas PPK, pengamanan maupun para saksi yang terlibat dalam Pemilu.

 "Karena sejak tahapan penghitungan mereka terus bekerja mulai dari pagi, siang hingga ke malam," tuturnya.

Bantuan yang dia maksud bisa saja berupa pengecekan kesehatan masing masing personil ataupun pemberian obat-obatan dan vitamin sesuai hasil pemeriksaan kesehatan.

"Setidaknya kita bisa mencegahlah," katanya.

Karena, lanjutnya, dalam Pemilu kali ini faktanya banyak baik petugas penyelenggara Pemilu hingga kepolisian banyak yang wafat karena menjalankan tugas melakukan tugas Pemilu dan pengamanannya.

Selain itu, katanya, tahapan rekapitulasi ini juga masih belum selesai di tingkat kecamatan, jika pun selesai akan berlanjut ke tingkat kota.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, A Kismed mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum menerima permintaan dari KPU terkait pemeriksaan kesehatan terhadap penyelenggara pemilu.

"Kalaupun ada kita akan turun, tetapi harus ada dulu permintaan surat resmi dari KPU sebagai penyelenggara Pemilu," katanya.

Ketua Bawaslu Singkawang, Zulita mengatakan, bahwa penyelenggara pemilu itu ada KPU, Bawaslu dan DKPP.

"KPU melaksanakan tahapan pemilu secara teknis, sementara Bawaslu mengawasi tahapan yang dilaksanakan oleh KPU, tapi memang faktanya pada Pemilu ini banyak penyelenggara yang sakit bahkan meninggal dunia dalam menjalankan tugas," katanya.

Menurutnya, pekerjaan yang dilaksanakan memerlukan tenaga dan pemikiran yang ekstra. "Kami Bawaslu Kota Singkawang tetap memantau kawan-kawan sampai ke jajaran paling bawah, fokus pada pekerjaan dan fokus juga menjaga kesehatan," ujarnya.

Alangkah baiknya seperti yang disampaikan perhatian dari DPRD dan Pemerintah Kota Singkawang terhadap kesehatan penyelenggara pemilu.

"Yang meminta agar KPU Kota Singkawang untuk segera bersurat kepada Dinas Kesehatan tentang pemeriksaan terhadap penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu beserta jajaran," ungkapnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019