Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Putussibau, Heru Putranto mengatakan dana alokasi khusus (DAK) untuk Kabupaten Kapuas Hulu tahun ini sebesar Rp266 miliar belum bisa disalurkan dari kas negara ke rekening umum kas daerah.
 
" Harusnya penyaluran tahap satu dimulai bulan Februari - Juli 2019, namun sampai awal Mei ini belum ada satu bidang pun yang menyampaikan persyaratan penyaluran secara lengkap," kata Heru ditemui Antara, di Putussibau wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin.
 
Disampaikan Heru, untuk percepatan penyaluran DAK fisik pihaknya (KPPN) sudah lakukan rapat koordinasi dengan seluruh dinas penerimaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, yang juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalimantan Barat.
 
Menurut dia, DAK fisik itu di alokasikan dalam 21 bidang yang dilaksanakan 12 dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.
 
Dijelaskan Heru, dana tersebut akan disalurkan dalam tiga tahap dengan proporsi tahap satu sebesar 25 persen, tahap dua sebesar 45 persen dan tahap tiga sebesar 30 persen.
 
Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalimantan Barat, Edward Nainggolan mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu perlu mempercepat penyampaian persyaratan penyaluran kepada KPPN Putussibau, agar DAK fisik dapat segera di cairkan ke kas daerah.
 
" DAK fisik itu harus sungguh - sungguh di manfaatkan untuk kepentingan pembangunan dan pelayanan publik," kata Edward.
 
Ditekankan Edward, para kepala dinas di harapkan jangan hanya mengejar output, tetapi harus dipastikan apakah output tersebut dapat dimanfaatkan.
 
Jika tidak dimanfaatkan, kata Edward,  DAK  fisik jangan dilaksanakan, jauhi sikap koruptif, lakukan DAK fisik dengan baik dan dengan niat tulus untuk pembangunan dan peningkatan layanan publik di wilayah Kapuas Hulu.
 
Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kapuas Hulu, M Zaini mengatakan Kapuas Hulu akan mempercepat penyampaian persyaratan penyaluran DAK Fisik termasuk review Inspektorat atas capaian output DAK Fisik 2018.
 
" Dari evaluasi pelaksanaan DAK Fisik 2018, harapan kita pelaksanaan DAK Fisik 2019 lebih baik dari tahun sebelumnya, menigngat Pemerintah Pusat telah mengalokasi anggaran DAK fisik yang cukup besar untuk Kapuas Hulu," ucap Zaini.
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019