Banjir yang merendam sejumlah daerah di wilayah Kapuas Hulu,  Kalimantan Barat sejak Selasa (4/5), saat ini sudah surut dan aktivitas warga khususnya di  Teluk Barak, Putussibau Selatan kembali normal.
 
"Alhamdulillah, air sudah surut akses jalan darat juga lancar seperti biasa," kata warga Teluk Barak, Harrun di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.
 
Menurut Harrun, beberapa hari terakhir memang cuaca di Kapuas Hulu cukup ekstrem hujan disertai angin dan petir, akibatnya sungai Kapuas meluap.
 
Dia mengatakan topografi Teluk Barak memang dataran rendah yang sering dilanda banjir, bahkan waktu saat malam takbiran umat Islam di Teluk Barak menggunakan perahu hingga pada shalat Ied juga menggunakan perahu.
 
Ketua RT 08 Teluk Barak, Ahmad Yani mengatakan pada saat  banjir akses jalur darat tidak bisa di lalui, sehingga warga menggunakan perahu.
 
"Harapan kami selaku warga agar ada perhatian pemerintah untuk meningkatkan jalan lebih tinggi," kata Ahmad Yani.
 
Sementara itu, Pelaksanaan tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Rupinus mengatakan banjir pada Rabu (5/5) kemarin, merendam sejumlah dataran rendah di lima kecamatan di wilayah Kapuas Hulu.
 
"Tapi saat ini air sudah surut, semoga tidak terjadi banjir susulan," kata Rupinus.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019