Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar hari ini, Kamis (13/6) bertempat di Aula Kencana BKKBN Kalbar mengelar acara Halal Bihalal. Kegiatan ini selain keluarga besar BKKBN Kalbar juga mengundang para mitra kerja BKKBN termasuk para awak media baik cetak maupun elektronik.

"BKKBN itu adalah lembaga negara yang diamanahkan untuk melaksanakan upaya menuju pada keluarga yang berkualitas. Salah satu implementasi untuk menuju kearah itu kami mencoba melakukan kegiatan berkenaan delaoan fungsi keluarga. Nah melalui kegiatan Halal Bihalal ini juga merupakan fungsi keluarga dari program BKKBN," kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana di Pontianak, Kamis.

Kebetulan katanya lagi, pada momentum hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah ini sudah berlalu. Dan sekarang masih nuasa Syawal, maka kegiatan ini merupakan satu bentuk implementasi fungsi keluarga khususnya di bidang agama dalam menciptakan dan sebagai indikator keluarga itu berkualitas.

"Ini merupakan salah satu momentum yang tepat, apa bila kegiatan ini dilakukan oleh kita. Melalui forum-forum siraman rohani dan mengingatkan kembali bahwa keluarga itu adalah tujuan terakhir pada insan-insan manusia yang ada diatas bumi ini untuk menuruskan keturunan dan menyiapkan generasi yang berkualitas. Ini musti dimulai dari dalam keluarga ayah, ibu, anak dan seterusnya yang terikat dalam tali silahturahmi keluarga yang kuat, termasuk di lingkungan kerja dan di masyarakat," paparnya.

Melalui momentum puasa Ramadhan, perayaan Idul Fitri dan kegiatan Halal Bihalal ini kata Kusmana, BKKBN ingin terus mengigatkan agar nilai-nilai baik pada bulan Ramadhan, Idul Fitri dan halal bihalal itu dapat terus dilanjutkan oleh keluarga-keluarga tidak hanya sampai di Ramadhan saja namun pada bulan-bulan selanjutnya.

Kepada para karyawan BKKBN Kalbar, Kusmana berharap agar dapat menjadi tauladan dalam mewujudkan keluarga yang benar-benar berkualitas. Hal itu dimulai dari keluarganya masing-masing. Sehingga sebagai petugas, penyuluh dan sebagai aparatur sipil negara yang bergerak dalam bidang pelaksanaan sosialisasi dan pencerahan tentang keuarga berkualitas maka seluruh karyawan BKKBN mampu memberi taulasan melalui kondisi keluarganya di lingkunganya masing-masing.

"Fungsi keluarga yang terakhir adalah penduli terhadap lingkungan. Sehingga pada saat keluarga-keluarga karyawan BKKBN ini yang memang berada di lingkungan masyarakat. Maka keluarga-keluarga BKKBN yang baik dan berkualitas itu akan menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat. Hingga upaya kita dalam menciptakan keluarga berkualitas dan baik di Kalbar dapat terwujud," katanya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019