Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi melakukan pemeriksaan kendaraan dan senjata api anggota yang diberikan legalitas untuk memegang senjata api.

"Pemeriksaan yang dilakukan merupakan salah satu konsolidasi untuk mengecek sarana dan prasarana yang sudah dipercayakan kepada anggota," kata Raymond, Jumat.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan merupakan agenda tahunan Polres Singkawang, yang mana dalam setahun bisa dilakukan pemeriksaan besar sebanyak dua kali.

Baca juga: 1.200 anggota Polri siap amankan Imlek Singkawang

"Pemeriksaan ini juga tentunya ada kaitannya menjelang putusan PHPU Pilpres yang sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK)," ujarnya.

Dengan sudah dilakukannya pemeriksaan ini, artinya Polres Singkawang telah siap secara sarana dan prasarana untuk melaksanakan tugas-tugas rutin kepolisian maupun khusus baik secara lokal maupun menanggapi isu-isu secara Nasional.

Dia menambahkan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi kelayakan barang, jumlah dan legalitas personel yang memegang kendaraan maupun senjata api. "Seperti pada senjata api, tentunya ada petugas-petugas khusus yang layak memegangnya," ungkapnya.

Baca juga: Didi Haryono tegaskan tidak ada intervensi rekrutmen anggota polri

Secara umum, hasil pemeriksaan kendaraan sudah baik hanya saja ada beberapa kendaraan yang perlu perbaikan seperti pada lampu rotator yang sudah habis, kebersihan kendaraan dan lain-lain.

Disisi lain, pihaknya masih membutuhkan sarana dan prasarana seperti kendaraan patroli lalu lintas dan kendaraan patroli polsek. "Itu masih sangat minim sekali," jelasnya.

Namun, kekurangan ini bukanlah menjadi suatu hambatan dan alasan bagi Polres Singkawang untuk tidak melaksanakan tugas. Pihaknya selalu berupaya agar kekurangan ini bisa dijadikan suatu peluang untuk perform daripada Polres Singkawang.

Terlebih dari sisi Kamtibmas, katanya, belum ada gejolak yang berarti di masyarakat terkait pelaksanaan sidang PHPU yang sedang berlangsung di MK. Apalagi semua masyarakat Singkawang sangat mendukung kinerja TNI-Polri, sehingga dengan adanya partisipasi dari masyarakat diyakini situasi Kamtibmas di Kota Singkawang selalu baik.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019