Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementrian PUPR, Johny Fajar Sofyan Subrata,  mengatakan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menjadi kabupaten yang paling banyak mendapatkan bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) se-Indonesia.

"Tahun ini Kubu Raya mendapat bantuan sebanyak 1.330 untuk perbaikan rumah tidak layak huni dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ini merupakan bantuan terbanyak dibanding daerah lainnya di Indonesia," kata Johny saat menyampaikan sosialisasi bantuan BSPS di Kubu Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, besarnya bantuan yang diberikan oleh Kementrian PUPR kepada pemerintah Kubu Raya tersebut berkat partisipasi aktif dan pengajuan dari Bupati Kubu Raya, sehingga program BSPS di kabupaten itu bisa terlaksana dengan baik selama ini.

"Ini tentu harus menjadi contoh bagi daerah lainnya, jika ingin warganya ingin mendapatkan banyak bantuan BSPS ini. Dengan adanya bantuan ini, tentu program percepatan pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah daerah bsia dilakukan dengan cepat," katanya. 

Ditempat yang sama, Anggota Komisi V DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Barat, H Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan pihaknya juga ikut mendorong agar Kementrian PUPR bisa memberikan banyak program BSPS di Kalbar, salah satunya di Kubu Raya.

"Tahun 2018 saya selaku Anggota Komisi V DPR RI mengusulkan 2080 unit rumah tak layak huni untuk direhab melalui program BSPS tahun 2019. Dari total tersebut Kabupaten Kubu Raya dialokasikan 1330 unit dan telah diverifikasi serta sudah mulai dilakukan pekerjaan perehabannya," kata Syarief Abdullah Alkadrie.

Dia menjelaskan, nilai bantuan ini sebesar Rp17.500.000 per unit yang diperuntukan material bangunan sebesar Rp15 juta dan Rp2,5 juta biaya tukang. 

"BSPS ini sudah setiap tahun kita usulkan dan tiap tahun dibangun. Tahun 2019 ini menjadi jauh lebih banyak sebesar 2080 unit se Kalbar. Insya Allah tahun-tahun berikutnya akan diupayakan secara maksimal agar meningkat," kata Ketua DPW Partai Nasdem Kalbar ini.

Selain Kubu Raya, kabupaten yang mendapatkan BSPS juga Kabupaten Mempawah 290 unit, Kabupaten Sambas 330 unit dan Kabupaten Kayong Utara 130 unit.

Sementara itu Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan SH mengucapkan terimakasih atas perjuangan Anggota Komisi V DPR RI H Syarief Abdullah yang memberikan perhatian besar kepada Kabupaten Kubu Raya.  

"Salah satu perjuangan Syarief Abdullah yang sangat dirasakan rakyat banyak yaitu bedah rumah," ucap Muda

Untuk itu, dirinya mengharap agar masyarakat yang dapat bantuan ini bisa menggunakan rumah yang baru direhab dengan baik. 

"Kita ingin kualitas hidup masyarakat semakin meningkat terutama kesehatannya. Saya pesan tolong dirawat dengan baik dan menjadi rumah tangga yang bahagia," kata Muda.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019