Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan, Barat, akan menggelar peringatan Hari UMKM Nasional pada minggu ke-4 Agustus sebagai tindak lanjut dari imbauan Kementerian Koperasi dan UKM.

"Di Kubu Raya hari UMKM Nasional akan di gelar minggu ke-4 Agustus. Kami akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan, yang ditandai dengan Penyerahan Piagam UMKM naik kelas," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Nora Sari Arani di Sungai Raya, Kalimantan Barat, Selasa.

Pada kegiatan tersebut, pihaknya juga akan memberikan bantuan kepada wirausaha pemula, bantuan gerobak untuk pedagang kaki lima, peresmian marketplace/ pemasaran produk UMKM secara daring dan beberapa kegiatan lainnya.

"Sebenarnya kami merencanakan kegiatan ini pada tanggal 12 Agustus kemarin, bertepatan dengan Hari UMKM Nasional. Namun, karena kami juga terlibat dalam kepanitiaan HUT RI, makanya kegiatan itu kami undur sampai akhir bulan Agustus nanti," tuturnya.

Nora mengatakan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk UMKM di Kubu Raya, pihaknya sejauh ini tetap melakukan pelatihan dan bimbingan teknis peningkatan ketrampilan kepada para UMKM yang ada di bawah binaannya.

"Kami juga terus mengenalkan teknologi informasi serta memperluas dan menyediakan jaringan pemasaran kepada para UMKM di Kubu Raya. Langkah-langkah ini kami lakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM Kubu Raya baik secara lokal maupun global," katanya.

Diketahui dalam rangka mendukung gerakan ekonomi kerakyatan dan kemandirian bangsa melalui koperasi dan UMKM, maka tanggal 12 Aguslus telah di deklarasikan sebagal Hari UMKM Nasional.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM menghimbau kepada seluruh dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di seluruh Indonesua untuk mendukung gerakan ini dengan menyelenggarakan berbagal kegiatan peringatan Hari UMKM Nasional.

Peringatan Hari UMKM Nasional di Kementerian Koperasi dan UKM dirangkal dengan temu wicara bertema "Pahami Cara Menentukan Kemasan Produk", berbagi pengetahuan tentang "Koperasi dan UMKM di Era Revolusi 4 0", penganugerahan penghargaan pemenang kompetisi kemasan,  dan Pojok Kita-Kita "Ruang Diskusi Peluang Komoditi Kopi".

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019