Petugas Peternakan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu Kalimantan Barat menemukan ada cacing pada sejumlah sapi qurban pada Idul Adha di Putussibau dan sekitarnya di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
" Ada tujuh ekor sapi yang ada cacing pada hatinya, bahkan satu ekor itu hatinya tidak bisa dikonsumsi karena mengandung banyak cacing," kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Maryatiningsih, dihubungi Antara, di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu.
 
Maryatiningsih menambahkan, untuk jumlah hewan kurban di daerah Putussibau Selatan sebanyak 50 ekor sapi dan enam ekor kambing, dua ekor sapi di antaranya terdapat cacing dalam hati sapi tersebut, bahkan satu ekor sapi itu hatinya tidak bisa dikonsumsi.

Baca juga: Ditemukan segumpal cacing dalam perut sapi kurban
 
Sedangkan untuk daerah Putussibau Utara terdata ada sebanyak 82 ekor sapi kurban, ditemukan lima ekor sapi hatinya ada cacing, dua ekor tidak bisa lagi dikonsumsi dan tiga ekornya lagi hati sapi tersebut masih bisa dikonsumsi.
 
" Untuk kecamatan lain, hanya ada laporan dari mantri tani pemotongan hewan kurban saja, karena tidak ada petugasnya," ucap Maryatiningsih.
 
Menurut dia, petugas dari bidang peternakan sebelum hari Idul Adha sudah melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap hewan kurban, termasuk dilakukannya sosialisasi terkait tata cara pemotongan hewan.

Baca juga: Disnakeswan Kalbar Temukan Hati Sapi Mengandung Cacing
 
Disampaikan Maryatiningsih, jumlah hewan kurban di Kapuas Hulu sebanyak 298 ekor sapi dan 139 ekor kambing, itu tersebar di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.
 
" Alhamdulillah ada peningkatan jumlah hewan kurban dari tahun - tahun sebelumnya, terkait kesehatan hewan kurban tetap akan menjadi perhatian ke depannya," kata Maryatiningsih.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019