Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mendapatkan Brevet kehormatan dari Lantamal XII Pontianak, sekaligus mengharapkan Lantamal XII Pontianak dapat handal dalam melindungi nelayan serta menjaga perairan NKRI, terutama di perbatasan Kalbar.

"Kita daerah yang memiliki perbatasan langsung dengan negara luar, yaitu Malaysia. Lantamal XII Pontianak ke depan diharapkan dapat menjadi Lantamal yang handal dalam menjaga perairan NKRI, terutama di perbatasan kita, serta dapat melindungi para nelayan kita," kata Sutarmidji usai menerima Brevet kehormatan kapal permukaan dari Danlantamal XII Pontianak, Selasa.

Dia mengatakan, sebagai Gubernur, dirinya juga ingin lihat apa yang bisa dibuat oleh Pemerintah Provinsi Kalbar guna mempercepat/melengkapi markas angkatan laut ini. "Dan tujuan akhir kita bersama yaitu kesejahteraan bagi masyarakat Kalimantan barat," tuturnya.

Menurutnya, penyerahan brevet kehormatan tersebut menunjukkan sinergisitas antara seluruh unsur di Forkopimda Kalbar.

"Terima kasih kepada Lantamal XII Pontianak yang sudah memberikan Brevet kehormatan kapal permukaan. Kita sudah menjadi keluarga besar angkatan laut dan kita akan bersama-sama menjaga Kalbar ( NKRI ) dengan mewujudkan pembangunan di segala aspek," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, sinergisitas merupakan indikator utama dalam mensukseskan program pembangunan di Kalimantan barat.

Selain Gubernur, Brevet Kehormatan Kapal Permukaan juga diberikan kepada 17 Forkopimda Provinsi Kalbar dan wali kota serta bupati di Kalbar antara lain, Ketua DPRD Kalbar, Pangdam XII/Tanjungpura, Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio,Kajati Kalbar, Ketua Pengadilan Tinggi Kalbar, Rektor Untan, Kabinda Kalbar, Walikota Pontianak, Bupati Kubu Raya, Bupati Mempawah, Bupati Landak, Bupati Bengkayang,Walikota Singkawang, Bupati Sambas, dan Bupati Ketapang.

Pada saat pelaksanaan Pelayaran Joy Sailing dalam rangka HUT Ke-4 Lantamal XII Pontianak dengan menggunakan KRI Kerambit-627 juga dimeriahkan oleh atraksi Demonstrasi Pertahanan Pangkalan yang dilaksanakan oleh Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan).

Setelah pelaksanaan Penyematan Brevet kehormatan Kapal Permukaan dilaksanakan Olahraga Bersama di Mako Lantamal XII Pontianak, Tour Fasiliti Mako Lantamal XII Pontianak yang dipandu oleh Kadsifaslan Lantamal XII Letkol Laut (KH) Benny Davidson, dilanjutkan dengan syukuran dan pemotongan tumpeng serta ramah tamah.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019