Wakil Bupati Kayong Utara H. Effendi Ahmad, S.Pd.I melantik dan mengukuhkan Pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kayong Utara masa bakti tahun 2019-2023 di Istana Rakyat (Pendopo Bupati), Senin (7/10).

Pada pelantikan dan pengukuhan GOW Kabupaten Kayong Utara tersebut, Julianti Effendi Ahmad yang menjabat sebagai Ketua TP. PKK Kayong Utara, juga dilantik menjabat sebagai Ketua GOW Kabupaten Kayong Utara masa bakti 2019-2023.

Baca juga: GOW Singkawang latih jemaah masjid tentang internet sehat


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kayong Utara, Wakapolres Kayong Utara, Pabung Kodim Ketapang, Asisten III Setda Kayong Utara dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kayong Utara.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kayong Utara mengatakan munculnya Organisasi Wanita merupakan bukti kesungguhan para perempuan agar lebih mandiri serta memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas perempuan.

"Dengan munculnya berbagai organisasi wanita, seperti GOW, PKK maupun organisasi perempuan lainnya di setiap daerah, ini adalah merupakan bukti kesungguhan agar perempuan lebih mandiri, terampil dan mempunyai pengetahuan yang luas serta memiliki tujuan utama dalam meningkatkan kapasitas perempuan didalam lingkungan masyarakat," Ucap Wabup.

Baca juga: Gabungan Organisasi Wanita salurkan bantuan untuk puluhan mualaf

Effendi juga menjelaskan bahwa GOW merupakan bagian organisasi kemasyarakatan berdasarkan undang-undang nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan sebagai wadah menjalankan kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat serta berpartisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan tujuan nasional dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila, dan organisasi ini juga merupakan salah satu organisasi perempuan dimana sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas dalam pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan-kegiatan profesional perempuan dalam bidang usaha dengan berbagai keterampilan yang menunjang.

 
Pengukuhan Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Kayong Utara (ANTARA/HO)


Kemudian Wabup Berharap agar GOW Kabupaten Kayong Utara dapat memberikan kontribusi pada pembangunan serta turut bertanggungjawab dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Kayong Utara.

"Saya berharap, semoga dengan dikukuhkan kepengurusan GOW Kabupaten Kayong Utara masa bakti 2019-2023, organisasi ini dapat memberikan kontribusi pada pembangunan di Kabupaten Kayong Utara dengan meningkatkan kualitas sember daya perempuan secara mandiri, demokratis dan bertanggungjawab dalam memperjuangkan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kayong Utara," Harap Effendi.

Selanjutnya, Ketua GOW Kayong Utara Julianti Effendi Ahmad menyampaikan ucapan terimakasih kepada Panitia Musyawarah Daerah (MUSDA) GOW serta kepengurusan GOW  masa bakti 2016-2019.

"Pada kesempatan ini saya selaku ketua GOW masa bakti 2019-2023 mengucapkan terimakasih kepada Panitia Musda GOW yang telah bekerja keras sehingga terbentuknya kepengurusan GOW Kabupaten Kayong Utara masa bakti 2019-2023, dan saya mengucapkan terimakasih kepada kepengurusan GOW masa bakti 2016-2019 yang telah mengabdikan dirinya untuk masyarakat Kabupaten Kayong Utara, semoga ini menjadi amal ibadah untuk ibu-ibu semua," Ucap Julianti ketika menyampaikan sambutan.

Baca juga: GOW Singkawang optimalkan program dengan kemitraan

Kemudian Julianti juga menyampaikan bahwa GOW adalah salah satu wadah organisasi kemasyarakatan perempuan yang mandiri dan turut untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, untuk itu kami sangat memerlukan dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah untuk turut memajukan organisasi-organisasi perempuan yang ada di Kayong Utara, baik berupa moril maupun materil, hal ini guna untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Tutur Julianti.

Baca juga: Wabup Kayong Utara Ajak GOW Jaga Remaja

Pewarta: Humas / Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019