Satuan tugas (Satgas) TNI manunggal membangun desa (TMMD) membangun saluran air bersih hingga ke rumah warga Desa Menua Sadap, daerah perbatasan Indonesia - Malaysia, Kecamatan Embaloh Hulu wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

" Pembangunan atau pembuatan saluran air bersih itu langsung dilakukan dari sumber mata air hingga ke rumah warga setempat," kata Dandim Putussibau, melalui Danramil Embaloh Hulu, Kapten Inf Paryanta, dihubungi Antara dari Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Baca juga: Pekerjaan TMMD di perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu sudah 64 persen

Ia menyampaikan kegiatan tersebut salah satu program TMMD dalam membantu kesulitan masyarakat mendapatkan air bersih dari mata air yang bersih.

"Selama ini warga di Desa Menua Sadap mengambil air langsung ke Sungai Batang Embaloh secara manual dengan ember, bahkan menampung air hujan untuk masak dan mencuci," kata Paryanta.
 
Satgas TMMD bersama warga perbatasan, Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat membuat saluran air bersih. (HO/Kodim Putussibau)



Menurut dia, selama proses pembuatan saluran air bersih masyarakat setempat antusias membantu Satgas TMMD secara bergotong royong, karena memang warga sangat merindukan air bersih dari sumber mata air.

Baca juga: Satgas TMMD sampaikan ilmu bela negara ke pelajar perbatasan

"Kami berbaur dengan masyarakat bersama - sama membuat saluran air bersih dari mata air bukit," jelas Paryanta.

Pelaksanaan TMMD reguler ke - 106 di Desa Menua Sadap saat ini sedang berlangsung berbagai program membantu pemerintah menyejahterakan masyarakat sedang dilaksanakan diantaranya pembangunan jalan dan jembatan, sosialisasi dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Baca juga: Bantu warga Satgas TMMD tak segan turun ke sawah
Baca juga: Satgas TMMD menjadi guru SD di perbatasan Indonesia - Malaysia
Baca juga: Satgas TMMD dorong kesejahteraan masyarakat perbatasan Kalbar

 

Program TMMD perlancar aktifitas dan ekonomi warga

 

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019