Kementerian Pariwisata Republik Indonesia memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Festival Danau Sentarum Kapuas Hulu dengan harapan pariwisata Danau Sentarum menjadi destinasi utama wisata Indonesia.

" Festival Danau Sentarum memiliki nilai positif untuk mempromosikan potensi pariwisata, kami mendorong wisata Danau Sentarum menjadi destinasi utama wisata Indonesia," kata Deputi Bidang pengembangan pariwisata, Kementerian Pariwisata, Fahmizal, saat menghadiri Festival Danau Sentarum, di Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.

Baca juga: Festival Danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalbar dimulai

Dikatakan Fahmizal, Kementerian Pariwisata mencatat pertumbuhan wisatawan asing yang berkunjung ke Kapuas Hulu meningkatkan hingga 208 persen mulai pada tahun 2013 hingga 2018.

Menurut dia, pelaksanaan Festival Danau itu juga sangat bernilai positif meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk  masyarakat di Kapuas Hulu.

" Kapuas Hulu merupakan cermin Indonesia karena berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, kondisi itu sangat positif untuk menarik perhatian wisatawan luar negeri," kata Fahmizal.

Baca juga: Tiga suku di Kapuas Hulu akan gelar ritual saat Festival Danau Sentarum

Ia menyampaikan Kementerian Pariwisata mendukung penuh kegiatan Festival Danau Sentarum, namun kedepannya pelaksanaan Festival Danau Sentarum mesti direncanakan dan dijadwalkan jauh - jauh hari.

" Festival Danau Sentarum itu sudah masuk dalam event kalender pariwisata nasional, kedepan perlu terus ditingkatkan promosi untuk wisata terutama media memiliki peranan strategis dalam menyampaikan pemberitaan potensi wisata yang ada di Kapuas Hulu," pinta Fahmizal.

Baca juga: Festival Danau Sentarum digelar Oktober 2019
Baca juga: Manggala Agni siaga antisipasi karhutla di Kawasan Danau Sentarum
Baca juga: Saat Danau Sentarum menjadi daratan
Baca juga: 138, 16 hektare kawasan Taman Nasional Danau Sentarum terbakar
 

Pewarta: Teofilusianto Timotiusius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019