Tim kelurahan siaga bencana di Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat resmi terbentuk dengan melibatkan sejumlah elemen masyarakat termasuk Tagana setempat.

" Kita inginkan masyarakat ikut peduli dalam penanggulangan bencana terutama di kelurahan Kedamin Hulu," kata Sekretaris Lurah Kedamin Hulu, Japri, di Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Rabu.

Dikatakan Japri, dalam pengukuhan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan yang dapat digunakan dalam penanggulangan bencana seperti mesin Robin dua set, baju pemadam dua set, kompresor dan selang kualong satu buah.

Baca juga: BPBD Kabupaten Kayong Utara dirikan posko siaga banjir
Baca juga: Siaga darurat bencana asap di Kabupaten Mempawah

Menurut dia, sejumlah perlengkapan yang di serahkan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dalam penanggulangan bencana atau pun kebakaran.

" Semoga alat - alat itu dapat dimanfaatkan dan masyarakat proaktif dalam penanggulangan bencana," pinta Japri.

 
Penyerahan bantuan penaggulangan bencana Tim Kelurahan Siaga bencana Putussibau Selatan sekaligus pengukuhan di Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (Foto ANTARA/Timotius)



Sementara itu, Ketua Tim Kelurahan Siaga bencana, M Hatta mengatakan untuk menanggulangi bencana merupakan tanggungjawab bersamaan terutama lapisan masyarakat.

Dikatakan Hatta, sebagai masyarakat kita harus memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan masyarakat.


Baca juga: BPBD Kalbar susun rencana aksi siaga bencana asap
Baca juga: Bupati imbau Pemdes siaga bencana banjir


" Kami berterimakasih atas kepercayaan yang kami emban ini, tentu kami juga mengajak semua lapisan masyarakat turut serta dalam penanggulangan bencana apakah itu banjir, kebakaran atau pun bencana lainnya," kata Hatta.

Hatta yang juga Ketua Tagana Kapuas Hulu meminta agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana yang kapan saja bisa terjadi.

" Kapuas Hulu rawan bencana baniir, longsor dan puting beliung serta kebakaran rumah, hal tersebut harus kita tanggulangi bersama," ucap Hatta.


Baca juga: Tagana Singkawang Imbau Warga Waspada Banjir
Baca juga: Bencana Terus Mengintai, Pemkab Sekadau Siaga
Baca juga: Taruna Siaga Bencana Singkawang Antisipasi Banjir

Pewarta: Teofilusianto Timotiusius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019