Pemerintah Kabupaten Landak meraih dua penghargaan sekaligus dalam Perlombaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun 2019 yang dilaksanakan PT. Asuransi Adira Dinamika (Persero) Tbk bekerjasama dengan majalah SWA dan didukung oleh Bappenas.

"Kabupaten Landak berhasil menjadi pemenang pada Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan dengan Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah. Penganugerahan piagam penghargaan IRSA tahun 2019 yang digelar di Jakarta pada Selasa kemarin," kata Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Landak, Kalbar  Ocin di Ngabang, Rabu.

Baca juga: Landak raih predikat Badan Publik Informatif dari KIP

Ocin mengatakan, dirinya mewakili Bupati Landak pada penganugerahan tersebut yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI, diwakili Direktur Prasarana Transportasi Darat Mohamad Risal Wasal.

Dia menjelaskan, penghargaan yang diterima tersebut merupakan bentuk dari kerja sama banyak pihak sehingga membuahkan hasil untuk Kabupaten Landak.

"Pada penganugerahan IRSA ini, Pemkab Landak sebagai finalis dan sebagai pemenang pada pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan. Semua ini adalah hasil kerja sama semua pihak yang harus dipertahankan bahkan ditingkatkan dan juga terima kasih kami sampaikan kepada Bupati Landak yang terus mendukung dalam program tersebut serta semua pihak terkait yang terlibat," tuturnya.

Kegiatan yang diawali sambutan direktur utama PT. Asuransi Adira Dinamika, Julian Noor mengatakan bahwa IRSA yang diselenggarakan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang tujuannya untuk berkontribusi dalam meningkatkan tata kelola keselamatan jalan bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkab Landak raih penghargaan dari Kementerian LHK

"Indonesia Road Safety Award (IRSA) ini merupakan bagian dari CSR yang tujuannya adalah untuk berkontribusi dalam meningkatkan tata kelola keselamatan jalan di seluruh Indonesia dan hari ini ada 23 peserta yang menjadi finalis IRSA 2019" kata Julian.

Sementara itu, salah satu dewan juri IRSA yang juga merupakan pengamat transportasi, Darmaningtyas mengatakan bahwa Kabupaten Landak memiliki potensi untuk menjadi pemenang utama dalam kegiatan perlombaan bergengsi tersebut dikarenakan kabupaten yang pernah dikunjunginya ini memiliki daerah yang mudah untuk dikelola dalam menerapkan keselamatan jalan.

"Jujur saja saya katakan bahwa Kabupaten Landak memiliki potensi menjadi pemenang utama lomba IRSA ini. Karena Landak daerahnya masih dapat dikelola dengan sungguh-sungguh misalnya pembangunan trotoar bagi pejalan kaki, penyediaan transportasi bagi pelajar dan umum serta penyediaan jalur sepeda karena ini merupakan bagian dari yang tak terpisahkan dalam keselamatan jalan," katanya.

Jika ketiga poin itu dilaksanakan, lanjutnya, maka Landak akan memiliki peluang yang cukup besar menjadi pemenang utama ke depannya.

Baca juga: Bupati Landak serahkan penghargaan Satyalencana Karyasatya kepada 216 PNS

Seperti diketahui bahwa Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah Pemenang Utamanya adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan Kabupaten Landak, Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin, Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan dimenangkan oleh Kabupaten Banyuasin, Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan kembali direbut Kabupaten Musi Banyuasin, Pemenang Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan juga diraih oleh Kabupaten Banyuasin.

Terpisah, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa saat dihubungi oleh Media Center terkait kegiatan tersebut menyampaikan bahwa ke depan dirinya akan terus berupaya dalam mewujudkan tata kelola manajemen keselamatan bagi masyarakat.

"Keselamatan jalan bagi masyarakat merupakan tanggungjawab kita bersama, selaku pihak berwajib maka kita harus menyediakan itu. Dengan adanya IRSA ini tentunya kita terdorong dalam mewujudkan tata kelola keselamatan jalan yang baik bagi mereka yang sesuai dengan standar keselamatan dan ke depan kita akan berupaya dalam mewujudkannya, dan yang terpenting dukungan semua pihak akan menjadi hal terpenting untuk mewujudkannya," kata Karolin.

Baca juga: Lima penghargaan untuk Pemkab Landak di HUT ke-62 Pemda Kalbar
Baca juga: Karolin Raih Penghargaan Bupati Terbaik Dari LAN
Baca juga: Desa Serimbu Landak Raih Berbagai Prestasi Penghargaan
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019