Polres Bengkayang, Kalimantan Barat mulai meningkatkan patroli keamanan menjelang perayaan tahun baru Imlek.

"Guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas jelang Hari Raya Imlek 2571, kami dari Kepolisian Resor Bengkayang meningkatkan keamanan dengan melaksanakan patroli," ujar Kepala Satuan Sabhara Polres Bengkayang AKP Ruly Rusli saat dihubungi di Bengkayang, Selasa.

Ruly menjelaskan bahwa patroli yang dilakukan oleh Satuan Sabhara Polres Bengkayang tersebut merupakan langkah preventif guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas menjelang perayaan Imlek yang bertepatan pada 25 Januari 2020.

Baca juga: Polresta Pontianak akan bentuk lima pos pengamanan perayaan Imlek dan CGM

“Patroli seperti ini rutin kami lakukan tetapi menjelang Imlek ini kita tingkatkan untuk menjaga dan mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas," jelas dia.

Lebih lanjut AKP Ruly Rusli menambahkan bahwa Patroli difokuskan di lokasi keramaian warga, pusat perbelanjaan, transaksi uang serta toko emas yang tersebar di Komplek Pasar Bengkayang.

“Patroli ini untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana Curat, Curas, dan Curanmor yang mungkin saja terjadi jelang perayaan Imlek," tambahnya.

Patroli dilaksanakan di setiap hari pada jam-jam rawan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: Kapolres Sanggau jamin perayaan Imlek dan CGM aman dan lancar
Baca juga: Replika "naga emas" siap meriahkan CGM di Pontianak

“Patroli tidak hanya dilakukan pada siang hari namun juga dilakukan pada malam hari dilokasi perumahan warga, komplek perkantoran, ATM, perbankan dan tempat ibadah," tutup AKP Ruly Rusli.

Ia mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk bersama menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan.

"Menjaga Kamtibmas adalah tugas kita bersama bukan hanya kepolisian saja. Mari kita jaga Kamtibmas," ajak dia.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Kalbar akan mengerahkan sebanyak 677 personel polisi untuk mengamankan Perayaan Imlek dan Cap Go Meh (CGM) tahun 2020 di provinsi itu.

"Fokus pengamanan kita pada Perayaan Imlek dan CGM tahun 2020 di enam kabupaten/kota, yakni Kota Singkawang, Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Sambas dan Bengkayang," kata Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono di Pontianak.

Baca juga: Semarak jelang Imlek di Jalan Karet
Ia menjelaskan, pihaknya memfokuskan pengamanan pada sejumlah lokasi, seperti pada pusat keramaian, vihara, Bandara Supadio Pontianak, terminal dan sejumlah objek wisata lainnya yang ada di Kota Singkawang dan lainnya.

"Salah satu fokus kami juga menjaga kelancaran selama Perayaan Imlek dan CGM, sehingga aktivitas warga Tionghoa yang merayakannya Imlek dan masyarakat lainnya juga menjadi lancar, aman dan terkendali," kata Didi.

Baca juga: Kodam XII/Tpr turunkan 185 personel TNI bantu amankan Imlek dan CGM 2020
Baca juga: PHRI pastikan hunian hotel naik 50 persen lebih saat Imlek

   

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020