Sebanyak 24 replika naga dan 20 barongsai melakukan atraksi di kawasan Pecinan di Jalan Gajah Mada, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat untuk meriahkan puncak perayaan Cap Go Meh (CGM) 2020 di kota itu.

"Hari ini ada 24 naga, diantaranya naga yang besar itu ada 11 dan lainnya yang sedang, serta sebanyak 20 barongsai turun untuk pawai dalam meriahkan puncak perayaan Cap Go Meh," kata Ketua Panitia Cap Go Meh 2020, Herdy Pangestulin di Pontianak, Sabtu.

Ia juga mengatakan rute yang di lewati para pemain naga dan barongsai mulai dari Jalan Diponegoro, melewati Gajah Mada, berakhir di Jalan Budi Karya dan dilanjutkan nanti malam ada naga bersinar yang di mulai pukul 20.00 WIB.
Sebanyak 24 replika naga dan 20 barongsai melakukan atraksi di kawasan Pecinaan di Jalan Gajah Mada, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat untuk meriahkan puncak perayaan Cap Go Meh (CGM) 2020 di kota itu. (Foto Bio)

"Titik kumpul pertama di jalan Diponegoro, melewati jalan Gajah Mada, berakhirnya di Budi Karya, kemudian nanti malam kita akan ada acara naga bersinar, dan juga kita sambung besok acara bakar naga di Adisucipto," ujarnya.

Dia juga menambahkan antusias masyarakat untuk Cap Go Meh tahun  2020 mengalami kenaikan dari tahun 2019, terlihat dari banyaknya masyarakat memenuhi kawasan Pecinan untuk menyaksikan pawai naga dan barongsai.

"Kita selalu seperti ini tetapi untuk Cap Go Meh tahun ini nampaknya antusias masyarakat lebih tinggi dari tahun lalu, dan juga tahun ini kami juga menempatkan satu naga di Jalan Diponegoro untuk masyarakat selfi," tambahnya.

Di karnaval Cap Go Meh tahun 2020 ini terlihat tidak hanya naga dan barongsai yang ikut pawai, ada juga atraksi drum band dan "koko memei" yang menggunakan baju khas China yang menambah meriahnya acara tersebut.

Ia menambahkan, selain melakukan atraksi, replika naga-naga tersebut juga dipercaya membersihkan Kota Pontianak dari pengaruh roh-roh jahat 

Demi memperlancar aktivitas masyarakat untuk menyaksikan karnaval Cap Go Meh, dari kepolisian juga melakukan rekayasa ruas jalan di beberapa tempat, katanya.

"Rekayasa ruas jalan dialihkan termasuk juga di ring dua dan ring tiga, supaya aktivitas masyarakat dan perayaan Cap Go Meh semakin  lancar," kata Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Komarudin.

Kapolresta juga mengimbau kepada peserta atraksi naga, barongsai dan masyarakat yang menonton agar tertib, sehingga perayaan Cap Go Meh berjalan lancar.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Cap Go Meh Pontianak tahun 2020, berharap agar negara Indonesia aman, tenteram, bebas dari virus corona dan tidak ada bencana di Pontianak, dan Indonesia umumnya.

Pewarta: Tim magang, Bio

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020