Pemerintah Kota Pontianak dan Poscar (Pontianak Stray Cats Care) menggelar program pemberian vaksin dan pengobatan gratis pada kucing yang ikut pada lomba "Festival Kucing Kampung III" guna menghindari virus pada kucing.

"Virus itu punya kemampuan untuk menyebar dengan cepat, kalau seandainya kucing-kucing kita terkena penyakit yang berhubungan dengan virus maka harus cepat dibawa ke dokter untuk diberikan vaksin," kata praktisi kesehatan hewan drh Yeriko di Pontianak, Minggu.

Ia mengatakan ada beberapa jenis penularan yang ada, yaitu kontak langsung, dan kontak yang tidak langsung, jadi bisa terbawa oleh media lain untuk menularkannya.

"Beberapa virus itu mempunyai daya tular yang cukup tinggi, contohnya yang kontak langsung, diantaranya virus yang berhubungan dengan pernapasan kalau kucingnya bersin, batuk juga bisa menyebarkan virus, jadi jika sudah ada gejala tersebut pisahkan dengan kucing lainnya, setelah itu dikarantina," katanya

Ia mengatakan saat ini banyak orang yang belum peduli tentang kesehatan kucing, sehingga dengan dilakukan pemberian vaksin dan pengobatan gratis dalam festival kucing, dapat membantu para pencinta hewan ini untuk peduli terhadap kucing-kucingnya agar terhindar dari virus.

Sementara itu, Syarif Ismail salah satu peserta Festival Kucing menyatakan, dengan adanya program pemberian vaksin dan dan pengobatan gratis ini, maka dirinya dan para pecinta kucing lainnya sangat terbantu sekali

"Ini sangat bagus dan membantu kami para pencinta kucing, karena biaya vaksin itu cukup mahal, yakni bisa mencapai Rp190 ribu untuk satu kucing," katanya.

Dia berharap di festival-festival kucing selanjutnya selalu diadakan pemberian vaksin dan pengobatan gratis, agar kesehatan kucing terjaga dan bisa terhindar dari virus yang membahayakan tersebut.

Pewarta: Tim. Magang/Bio

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020