Kepolisian Resor Kota Pontianak kembali mengaktifkan rekayasa lalu lintas dalam mengurangi kemacetan di jalan-jalan protokol di kota itu.

Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Komarudin, Pontianak, Selasa mengatakan rekayasa lalu lintas menjadi salah satu dari sekian banyak upaya yang akan pihaknya lakukan dalam mengurai kemacetan di jalan-jalan protokol yang ada di Pontianak.

"Kami saat ini terus melakukan upaya-upaya rekayasa lalu lintas, untuk mengatasi kemacetan di beberapa ruas jalan yang ada di Pontianak," katanya.

Baca juga: Bus Trans Pontianak solusi dalam mengatasi kemacetan di Pontianak

Ia menambah, kemacetan yang terjadi pada jam-jam sibuk di jalan-jalan protokol saat ini menjadi perhatian, baik oleh Pemkot Pontianak dan Pemprov Kalbar.

"Salah satu pemicu kemacetan di Pontianak adalah, tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor, sementara pertumbuhan jalan sangat rendah atau tidak sebanding dengan kemajuan kendaraan di Pontianak," katanya.

Dia menambahkan, tingginya kemacetan di Kota Pontianak, menjadi pekerjaan rumah semua pihak, dan tidak hanya menjadi tugas Pemerintah Kota Pontianak, tetapi tugas bersama.

Baca juga: Terjadi kemacetan di Jembatan Kapuas II

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Pontianak juga mengajak semua pihak untuk menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di lingkungan masing-masing.

"Karena keamanan menjadi jaminan utama yang harus dilakukan untuk menjaga situasi tetap kondusif, yang tentunya juga membutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pihak kepolisian, TNI dalam menjaga situasi Kota Pontianak tetap kondusif," katanya.

Baca juga: Pemkot Pontianak petakan jalan bebas hambatan kurangi kemacetan
Baca juga: Riset ini diperlukan untuk atasi kemacetan di Pontianak
Baca juga: Ini penyebab kemacetan di Pontianak


 

Pewarta: Andilala dan Bio

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020