Komisi pemilihan Umum kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyampaikan sosialisasi tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak kepada camat dan kepala desa (Kades) di daerah tersebut, karena camat dan kades salah satu faktor kunci suksesnya penyelenggaraan Pilkada.

" Pilkada serentak tahun ini diselenggarakan pada 23 September 2020," kata Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani, dihadapan ratusan camat dan kades yang di pusatkan di Indoor Volley Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Dikatakan Yani, camat dan kades merupakan salah satu faktor kunci dalam suksesnya pelaksanaan Pilkada mendatang.

Menurut dia, jabatan camat dan kades memiliki peranan strategis ditengah masyarakat, sebab bisa mengajak masyarakat pemilih untuk berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan mau pun tahapan Pilkada.

" Salah satu contoh tahapan Pilkada yaitu pencocokan dan penelitian (Coklit) dilaksanakan pada 18 April hingga 17 Mei 2020, masyarakat mesti aktif," jelas Yani.

Selain itu, kata Yani, para camat dan kades juga bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam ikut mendukung dan mendorong partisipasi masyarakat.

" Sosialisasikan pentingnya pemilihan untuk kemajuan daerah dan masyarakat sebagai pemilih memiliki peran vital dalam menentukan siapa calon yg terpilih nantinya," pinta Yani.

Kemudian, camat dan kades adalah bagian dari masyarakat pemilih itu sendiri sehingga mereka merasa punya andil dan tangung jawab pula dalam menghadirkan pemilihan yang berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Yani menyatakan ada tiga elemen kunci yang menentukan suksesnya Pilkada serentak yaitu pemilih, peserta dan penyelenggara.

"Kami sebagai bagian dari penyelenggara berkomitmen untuk menghadirkan pemilihan yang berintegritas dengan menegedepankan profesionalitas, jujur adil dan proporsional dalam menjalankan tugas tugas kepemilihan," ucap Yani.

Pemilihan serentak akan diselenggarakan pada 23 September 2020, di 270 daerah terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020