Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad menghadiri sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Jalin Vaneo di Sungai Pinang, Lubuk Batu, Kecamatan Simpang Hilir, pada Senin (9/3).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kayong Utara, Kapolres Kayong Utara, Dandim 1203 Ketapang, Deputi Direktur Enginering PT. Jalin Vaneo, Pimpinan PT CUS, beberapa Kepala OPD Kayong Utara, Camat Simpang Hilir, Kapolsek Simpang Hilir, Danramil Simpang Hilir serta beberapa Kepala Desa Kecamatan Simpang Hilir.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah Kayong Utara menyambut baik atas investasi yang dilaksanakan PT. PAS di Kayong Utara.
 
Peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) PT. Jalin Vaneo di Sungai Pinang Lubuk Batu Kecamatan Simpang Hilir (Antara Kalbar/HO)


Baca juga: Pj Bupati Landak Resmikan PKS Di Kuala Behe

"Atas nama Pemerintah Daerah Kayong Utara, saya menyambut baik atas investasi yang dilaksanakan PT. Pasifik Agro Sentosa (PAS) yang mana dibawahnya ada PT. Jalin Vaneo yang telah membuka perkebunan kelapa sawit dan akan membangun pabrik kelapa sawit di daerah kita ini," ungkap Wabup.

Wabup Effendi Ahmad juga menjelaskan ada beberapa manfaat dari investasi apabila masuk ke daerah yaitu salah satunya akan membuka lapangan kerja dan bisa menyerap tenaga kerja sehingga bisa meningkatkan perekonomian khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kayong Utara. Selain itu, secara otomatis akan mengurangi angka pengangguran di daerah Kayong Utara.

Kemudian terkait dengan pembangunan PKS, Wabup berharap agar PT. Jalin Vaneo dapat menyerap tenaga kerja asal Kayong Utara serta semua perusahaan bisa menjadi mitra bagi pemerintah daerah dalam menciptakan dunia usaha dan membuka lapangan kerja.
 
Peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) PT. Jalin Vaneo di Sungai Pinang Lubuk Batu Kecamatan Simpang Hilir (Antara Kalbar/HO)


Baca juga: Bupati Ketapang Resmikan Pabrik Kelapa Sawit PT KAL
Baca juga: Pabrik Kelapa Sawit Tanpa Kebun Bengkayang Diresmikan

"Dengan dilaksanakannya peletakan batu pertama pembangunan PKS ini, Saya berharap kepada PT. Jalin Vaneo agar dapat menyerap tenaga kerja asal Kayong Utara sebanyak-banyaknya, dan saya juga berharap kepada semua perusahaan yang ada di Kabupaten Kayong Utara agar bisa menjadi mitra strategis bagi pemerintah daerah dalam menciptakan dunia usaha yang kondusif, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat," Harap Effendi.

Selanjutnya, Mantan Anggota DPRD KKU tersebut juga menginginkan agar pihak perusahaan dapat menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan sebaik-baiknya demi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan yang ada di Kayong Utara serta pembangunan PKS PT. Jalin Vaneo dapat memberikan efek berganda terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kayong Utara.
Baca juga: Sintang Butuh Pabrik Mini Pengolahan Kelapa Sawit
Baca juga: Kementan Harapkan Insentif Untuk Pabrik CPO
Baca juga: Apkasindo Ingin Bangun Pabrik Kelapa Sawit Saham Petani

 

Pewarta: Humas/Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020