Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalimantan Barat Samuel mengatakan, saat ini Kalimantan Barat mengalami kekurangan stok gula pasir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kebutuhan masyarakat di Kalbar untuk gula pasir mencapai 2.000 ton per bulan, sedangkan stok yang ada saat ini hanya setengahnya, sehingga kita mengalami kekurangan stok gula pasir," kata Samuel di Pontianak, Jumat.

Kelangkaan gula pasir tersebut dikarenakan, para petani tebu yang ada di Sulawesi dan pulau Jawa baru bisa melakukan panen pada bulan Mei mendatang, sehingga gula baru bisa diproduksi pada bulan Juni nanti.

Baca juga: Harga gula pasir di Kapuas Hulu Rp17 ribu hingga Rp19 ribu perkilogram

Hal ini tentu mengakibatkan mahalnya harga gula di pasaran, karena dengan stok yang terbatas, maka hukum pasar akan berlaku, karena dengan barang yang sedikit dan harga akan bergerak naik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat ini pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan untuk membuka kran impor gula, dimana kebijakan ini akan dilakukan hingga masa produksi petani tebu di bulan Mei dan Juni, kebutuhan gula untuk masyarakat akan terpenuhi, termasuk di Kalimantan Barat.

"Import adalah kewenangan pemerintah pusat dan distributor juga sudah menyampaikan ke kementerian untuk kebutuhan gula di Kalbar. Tunggu nanti awal April 2020, gula pasir akan ada di semua daerah akan, termasuk kalbar bakal ada stok untuk masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Harga Gula Mulai Naik Di Singkawang

Ia melanjutkan jika stok nanti sudah tiba, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Pangan serta instansi terkait lainnya. Koordinasi dilakukan untuk memastikan rantai distribusi gula berjalan dengan baik. Termasuk memastikan tidak ada pihak-pihak nakal yang ingin bermain dengan stok gula.

Selain gula, Samuel juga memastikan stok bahan pokok lainnya saat ini dalam keadaan tercukupi. "Utamanya beras, bahkan beras cadangan pangan bisa untuk enam bulan ke depan," katanya.

Baca juga: Harga gula pasir di Pontianak capai Rp17.000 per kilogram
Baca juga: Legislator minta Pemkab Kapuas Hulu sigap terkait gula pasir
Baca juga: Stok gula pasir di Bulog Putussibau kosong
Baca juga: Pemkot Singkawang sarankan belanja gula pasir di pasar moderen
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020