Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah dan aparat terkait untuk menindak tegas para spekulan dan penimbun kebutuhan pokok di tengah pandemik COVID-19.

"Kalau perlu, yang tertangkap karena menimbun, sita semua untuk diberikan gratis ke rakyat miskin," ujar Daniel Johan saat dihubungi di Pontianak, Selasa.

Menurut dia, di tengah keriuhan bangsa karena dampak COVID-19, pemerintah harus mengambil sikap dan langkah tegas. "Tidak hanya menjamin suplai yang cukup, tetapi juga menindak tegas penimbun dan spekulan," kata anggota DPR Dapil Kalbar 1 dari Fraksi PKB ini.

Ia melanjutkan, langkah lain yang dapat dilakukan pemerintah seperti dengan mengendalikan harga kebutuhan pokok dan sanksi tegas pelaku kejahatan pangan.

Ia mengingatkan, kehadiran negara dalam hal ini salah satunya pemerintah dibutuhkan rakyat agar masalah lain di bidang kebutuhan pangan dapat teratasi. "Jangan sampai karena pembiaran, ada rakyat yang kelaparan karena ulah spekulan sembako, sehingga perlu intervensi pemerintah," katanya menegaskan.

Ia menyadari bahwa COVID-19 memberi dampak besar bagi tatanan dunia di berbagai bidang termasuk di Indonesia. Namun ia yakin bangsa Indonesia mampu melewati semua tantangan tersebut dengan gotong royong dan berjuang bersama.

"Mari bersama menghadapi tantangan ini," kata Daniel Johan.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020