Satuan Lalu Lintas Polres Singkawang, Kalimantan Barat, mengamankan sejumlah remaja atau pelajar yang sedang berkumpul tanpa menggunakan masker, yang juga melakukan aksi balapan liar di beberapa lokasi di Singkawang, dimana hal tersebut tentu sangat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Balapan liar tersebut merupakan pelanggaran lalu lintas dan apalagi setelah dilakukan penindakan terhadap para remaja tersebut sebagian besar merupakan pelajar setingkat SMU/SMK yang belum memiliki SIM dan tanpa kelengkapan kendaraan bermotor serta ada juga yang tidak menggunakan helm SNI," kata Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo melalui Kasat Lantas, AKP Syaiful Bahri di Singkawang, Selasa.

Baca juga: Balapan liar resahkan warga Makassar

Untuk itu, dia mengimbau kepada orang tua yang memiliki anak usia remaja agar selalu mengawasi anak-anaknya, memantau keberadaannya di luar rumah jangan sampai terlibat aksi balapan liar, dimana hal tersebut dapat membahayakan jiwanya dan orang lain.

"Orang tua juga disarankan untuk selalu menasehati anak-anaknya untuk mematuhi peraturan pemerintah khususnya di situasi pandemi COVID-19 dengan penerapan Physical Distancing, penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya," ujarnya.

Di bulan Ramadhan ini adalah merupakan bulan yang penuh ampunan, dimana hampir seluruh umat muslim di Kota Singkawang melaksanakan ibadah puasa.

Baca juga: Polisi razia rutin balapan liar selama Ramadhan di SIngkawang

"Ramadhan tahun ini berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya karena saat ini dengan situasi pandemi virus corona," ungkapnya.

Pandemi virus corona ini adalah salah satu peringatan Allah agar manusia lebih fokus memperbaiki diri, mungkin saja Allah menurunkan virus corona untuk mengingatkan umat Islam karena terlalu sibuk dengan urusan dunia. Sehingga kedekatan dengan keluarga di bulan Ramadhan sering terabaikan.

Dia mengingatkan kepada masyarakat Kota Singkawang jangan sampai menyia-nyiakan waktu di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.

"Kami harus selalu menjaga kesehatan dan melindungi diri dari sebaran virus corona," ajaknya.

Baca juga: Norsan ajak masyarakat berhenti berdebat di medsos
Baca juga: Polisi Diminta Atasi Balap Liar
Baca juga: Polres Singkawang Galakkan Patroli Antisipasi Balap Liar

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020