Kelompok Tani Kelampan Jaya Desa Anjir Kelampan Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, membagikan hasil panen kebun mereka berupa kacang panjang dan cabai rawit untuk warga sekitar yang terdampak COVID-19.

“Untuk tahap pertama ini kita bagikan ada 50 KK (kepala keluarga) yang menerima bantuan dari hasil panen Kelompok Tani Kelampan Jaya ini,” kata Kepala Desa Anjir Kelampan Yanir di Kuala Kapuas, Senin.

Sayur kacang panjang dan cabai rawit ini dibagikan kepada masyarakat, atas inisiatif kesepakatan Kelompok Tani Kelampan Jaya, untuk membantu meringankan kebutuhan masyarakat di tengah mewabahnya virus COVID-19 saat ini.

Baca juga: Hari Buruh, Anggota DPR sebut momentum tingkatkan kesejahteraan buruh tani

Pembagian ini dilakukan  dari rumah ke rumah masyarakat setempat. Selain itu, hasil panen itu juga dibagikan saat warga melintasi Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Anjir Kelapan, yang berada di wilayah perbatasan antara Desa Anjir Kelapan, Kecamatan Kapuas Barat, dengan Kabupaten Pulang Pisau.

“Tiga hari lagi panen kacang panjang, cabai dan sayur lainnya yang ditanam oleh kelompok tani Kalampan Jaya, akan kita bagikan lagi kepada masyarakat yang terdampak COVID-19,” ujarnya.

Harapannya, dengan adanya inisiatif kelompok tani Kelampan Jaya ini untuk membagikan hasil panennya kepada masyarakat, diharapkan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan mereka di tengah pandemi COVID-19 saat ini yang serba sulit.

“Kita dari pemerintahan Desa Anjir Kelampan sangat menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif kelompok tani Kelampan Jaya, yang telah peduli terhadap warga sekitar yang terdampak COVID-19,” kata dia.

Kegiatan bagi-bagi sayur kacang panjang dan cabai rawit hasil panen kelompok tani Kelampan Jaya ini, juga dibantu oleh jajaran Polsek Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, yang ikut serta membagikan ke rumah-rumah warga setempat.

Baca juga: Distan Kalbar prediksi produksi beras surplus hingga Idul Fitri
Baca juga: Petani di Landak diimbau lanjutkan menanam padi musim gadu
 

Pewarta: Kasriadi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020