Satu kasus positif COVID -19 Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat dinyatakan sembuh setelah hasil swab dua kali berturut- turut negatif sehingga daerah berjulukan negeri bertuah itu nol kasus dan siap menerapkan normal baru.

“Kami mendapatkan laporan dari Dinas Kesehatan bahwa ODP sekarang 8 orang, OTG 6 orang dan PDP 0 serta 1 orang positif sudah sembuh,” ujar Bupari Kayong Utara, Citra Duani saat dihubungi di Sukadana, Rabu.

Untuk itu Bupati Kayong Utara, Citra Duani segera menurunkan petugas dari Tim Gugus Tugas COVID-19 ke tempat- tempat umum untuk melakukan edukasi, pengawasan dan pemantauan selama masa normal baru nanti.

“Melihat perkembangan ini dengan upaya kita maksimal dalam rangka mengantispasi dan menangani COVID-19 ini selama tiga bulan secara serius dan konsisten, maka pemerintah Kabupaten Kayong Utara melakukan pertemuan untuk rapat seluruh OPD yang ada,” jelas dia.

Orang nomor satu di Kayong Utara itu menjelaskan untuk kegiatan edukasi, pemantauan dan pengawasan oleh tim COVID-19 akan dilakukan di tempat – tempat umum seperti pasar, sekolah, tempat ibadah dan tempat kerumunan lainnya diselenggarakan oleh masyarakat.

“yang pertama edukasi, kedua pemantauan dan pengawasan di tempat – tempat keramaian tetap melakukan prosedur COVID-19 termasuk tempat hajatan dan kerumunan lainnya kita sudah koordinasikan supaya tempat hajatan tidak mengundang ramai orang dan tetap menerapkan prosedur COVID-19,”tambahnya.

Selanjutnya menurutnya, dengan normal baru pemerintah Kayong Utara akan konsentrasi terhadap pemulihan ekonomi kerakyatan yang dinilainya selama kurang lebih 3 bulan masyarakat mengalami penurunan pendapatan sehari – hari.

“Objek wisata juga sudah kita buka karena terkait ekonomi.Kemudian kita membangkitkan kembali baik itu ekonomi kerakyatan baik pertanian, kelautan, perikanan maupun bidang wisata,”jelasnya.

 

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020