Pembukaan TNI Manunggal membangun desa (TMMD) ke - 108 Kodim 1206 Putussibau, di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat resmi dimulai, pembukaan kegiatan tersebut  dilaksanakan secara terbatas sesuai protokol kesehatan penanggulangan COVID - 19.

" Pembukaan TMMD itu harusnya di lokasi kegiatan, namun karena masa pandemi COVID - 19 maka dilaksanakan terbatas di Kodim 1206 Putussibau," kata Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir saat membuka TMMD ke - 108 imbangan, di Kodim 1206 Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Nasir, program TMMD merupakan sebagai upaya memberdayakan masyarakat dan desa membangun dan merehabilitasi sarana dan prasarana serta fasilitas umum yang menyentuh kepentingan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Pembukaan TMMD ke - 108 imbangan Kodim 1206 Putussibau, dilaksanakan secara terbatas sesuai protokol kesehatan penanggulangan COVID - 19. (Istimewa)


Untuk itu perlu dukungan semua pihak dalam pelaksanaan TMMD Kodim 1206 Putussibau.

" Mari kita bersatu padu berbuat lebih banyak bagi pembangunan bangsa khususnya pembangun di Kapuas Hulu," ucap Nasir.

Dia pun berharap melalui momentum program TMMD dapat mengangkat serta  melestarikan kembali budaya gotong royong.

Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Basyaruddin mengatakan program TMMD ke - 108 imbangan tahun ini dilaksanakan di Desa Sungai Abau, daerah perbatasan Indonesia - Malaysia, Kecamatan Batang Lupar.
 
Pembukaan TMMD ke - 108 imbangan Kodim 1206 Putussibau, dilaksanakan secara terbatas sesuai protokol kesehatan penanggulangan COVID - 19. (Istimewa)



Sedangkan untuk sasaran kegiatan yaitu kegiatan fisik diantaranya pembukaan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan gorong - gorong serta pembuatan parit.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan Karhutla, pelayanan kesehatan, lingkungan hidup, bahaya narkoba dan wawasan
kebangsaan.

" Saya mengajak masyarakat untuk bekerjasama membangun daerah,
guna mengatasi berbagai  permasalahan dan tantangan era globalisasi di bidang teknologi, ekonomi dan sosia budaya," ajak Basyaruddin.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat dalam pelaksanaan TMMD untuk mengantisipasi penyebaran COVID - 19.

Baca juga: Dandim Putussibau tinjau lokasi TMMD imbangan di daerah perbatasan
Baca juga: Penerangan Kodam XII/Tpr juara satu lomba karya jurnalistik TMMD ke-107
Baca juga: Kegiatan TMMD ke-108 di Bengkayang fokus pembangunan jembatan dan jalan

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020