Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya mematangkan persiapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP, yang akan berlangsung 1 sampai 4 Juli 2020.

"Sampai saat ini kita terus mematangkan persiapan untuk pendaftaran PPDB tingkat SMP di Kubu Raya. Untuk itu kita mengimbau kepada orang tua calon peserta didik baru untuk bisa terus memantau proses pendaftaran penerimaan di setiap sekolah yang akan dituju," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya Firdaus di Sungai Raya, Selasa.

Menurut dia, PPDB tingkat SMP di Kubu Raya dilakukan dengan tiga cara, via daring, kombinasi daring dan luring, dan pendaftaran langsung di sekolah.

Baca juga: Diknasbud Kota Pontianak: orangtua bisa hibungi operator sekolah jika ada kesalahan input data PPDB

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ia menjelaskan, menyerahkan penyelenggaraan PPDB via daring ke sekolah sesuai kondisi masing-masing sekolah.

"Kemudian untuk sistem luar jaringan dan dalam jaringan, ini juga sudah diatur ketentuannya dan sudah dipahami oleh setiap sekolah untuk menerima proses pendaftaran," katanya.

Sedangkan proses PPDB di sekolah, ia melanjutkan, dalam pelaksanaannya harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

"Karena situasi COVID-19 yang masih belum selesai, saat ini untuk proses pendaftaran luar jaringan di sekolah, kita sudah menekankan kepada pihak sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, dan saat pendaftaran yang harus hadir adalah orang tua dari calon peserta didik," katanya.

Baca juga: Di Kapuas Hulu hanya SMPN 1 Putussibau yang gunakan daring

Firdaus mengingatkan para orang tua untuk aktif memantau informasi seputar PPDB dari sekolah yang dituju.

"Kita juga mengingatkan kepada sekolah untuk bisa terbuka dalam proses pendaftaran ini," katanya.

Ia menambahkan bahwa saat ini ada 148 SMP negeri dan swasta di Kubu Raya.

Baca juga: Ombudsman Kalbar soroti penyelenggaraan PPDB 2020/2021
Baca juga: Cara pendaftaran online siswa SMP jalur zonasi di Kota Pontianak
Baca juga: Pontianak sediakan tempat bagi 5.939 siswa pada PPDB tingkat SMP
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020