TNI bukanlah apa-apa tanpa Kemanunggalan dengan Rakyat, karena kekuatan TNI yang hakiki adalah Manunggalnya TNI dengan rakyat.

Kalimat inilah yang mungkin pantas diucapkan pada Program TMMD Reg ke-108 TA. 2020 yang digelar oleh Komando Distrik Militer 1203/Ketapang. Desa Beringin Rayo Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang, Kalbar.

"Melalui program TMMD ini kami sebagai prajurit TNI bisa lebih dekat dengan rakyat. Melalui TMMD ini pula kemanunggal TNI dan rakyat akan semakin terasa yang juga berimplementasi dengan semakin kuatnya bangsa ini," kata Pasiter Kodim 1203/ Ketapang, Kapten inf Yulianto, Minggu.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas TMMD dan masyarakat Beringin Rayo, dalam kegiatan TMMD ini, terciptanya momen kebersamaan, kedekatan bahkan rasa persaudaraan antar sesama.

"Seperti tadi malam suasana yang terekam oleh Pendim menjadi bukti Manunggalnya TNI dengan Rakyat betapa indahnya momen Kebersamaan yang diukir Personel satgas TMMD Reg ke-108 di desa ini. Dengan berbekal jagung bakar, keakraban antara anggota TNI dan warga sangat terasa sambil menikmati jagung yang dibakar bersama-sama," katanya.

Kapten Inf Yulianto menambahkan, sepekan sudah lamanya kegiatan TMMD, warga yang semakin akrab dalam merajut persaudaraan.

Menurutnya, bukan makanan atau cemilanya yang menjadi utama, tapi nilai persaudaraan yang terjalin baik. Dengan berkumpul tanpa memandang asal usul agama dan adat yang berbeda, personel Satgas TMMD tak segan bercengkrama, sambil membakar jagung.

"Kebersamaan seperti inilah yang akan melahirkan Manunggalnya TNI dengan Rakyat Membangun kepercayaan rakyat yang hakiki, Karena tanpa Rakyat TNI bukanlah siapa-siapa," pungkasnya.

Baca juga: Gerobak dorong andalan bantu selesaikan pekerjaan fisik TMMD
Baca juga: Anggota TMMD bantu warga memberi makan ternak
Baca juga: Masyarakt sangat berperan aktif mengerjakan perehapan gereja
Baca juga: Warga dan TNI keroyokan kerjakan pondasi pagar gereja
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020